Hasil survei serologi: 4,7 juta penduduk pernah positif corona di Jakarta

Sabtu, 10 Juli 2021 | 17:11 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Hasil survei serologi: 4,7 juta penduduk pernah positif corona di Jakarta

ILUSTRASI. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, menyatakan hasil survei serologi: 4,7 juta penduduk pernah positif corona di Jakarta.


VIRUS CORONA - JAKARTA. Sungguh di luar dugaan, berdasarkan hasil survei serologi menunjukkan ampir separuh warga DKI Jakarta atau sekitar 44,5% dari 10,6 juta penduduk pernah terinveksi virus corona.

Artinya dari hasil survei serologi sebanyak 4.717.000 orang penduduk jakarta dari berbagai lapisan umur telah terjangkiti virus corona Covid-19.

Data ini berdasarkan hasil survei serologi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Tim Pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI), Lembaga Eijkman, dan Centers for Disease Control (CDC) Indonesia. 

Baca Juga: UPDATE corona di Jakarta Sabtu (10/7) positif 12.920, sembuh 16.839, meninggal 90

Survei serologi ini sebagai upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyusun strategi penanganan dan pengendalian wabah corona.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Tim Pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI), Lembaga Eijkman, dan Centers for Disease Control (CDC) Indonesia melakukan survei serologi di Ibu Kota Jakarta. 

Survei serologi ini secara spesifik bertujuan untuk mengukur proporsi warga Jakarta yang memiliki antibodi terhadap virus Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, menjelaskan, Survei serologi merupakan teknik berbasis imunologi yang bertujuan untuk mengukur respons imun tubuh terhadap suatu antigen dari sediaan darah seseorang. 

Dalam survei serologi  tersbeut apabila seseorang pernah terpapar pada agen infeksius tertentu, tubuhnya akan terpicu menghasilkan antibodi spesifik yang dapat dideteksi.

SELANJUTNYA>>>

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru