Ingat ya, hari ini dan besok, Ancol, TMII dan Ragunan ditutup

Minggu, 16 Mei 2021 | 07:16 WIB Sumber: Kompas.com
Ingat ya, hari ini dan besok, Ancol, TMII dan Ragunan ditutup

ILUSTRASI. Pemprov DKI Jakarta menutup sementara Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta memutuskan menutup sementara Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan. Penutupan dilakukan mulai hari ini, Minggu (16/5), dan besok, Senin (17/5).

Ketiga tempat wisata itu baru diperbolehkan kembali buka pada Selasa (18/5).

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gumilar Ekalaya, menyampaikan, penutupan sementara ini dalam rangka “penguatan protokol kesehatan”. Ketiga tempat wisata itu jadi tujuan warga mengisi libur Lebaran 2021.

"Berdasarkan hasil evaluasi, ada peningkatan pengunjung pada tanggal 14-15 Mei 2021,” ujar Gumilar dikutip dari siaran pers Pemprov DKI Jakarta, Sabtu malam.

Baca Juga: Terjadi kerumuman di Ancol saat libur Lebaran, pimpinan DPR kritik Pemprov DKI

“Karena itu, kami meminta pengelola Taman Impian Jaya Ancol, TMII, dan Taman Margasatwa Ragunan untuk menutup sementara kawasan wisata tersebut selama dua hari," ungkapnya.

Lebih lanjut, Gumilar juga mengimbau kepada pengelola tempat wisata dan masyarakat agar tidak melonggarkan protokol kesehatan di masa libur lebaran ini. Sehingga, tidak terjadi lonjakan kasus positif COVID-19 di Ibu Kota.

"Ini perlu kerja bersama. Semoga ke depannya, baik pengelola tempat wisata maupun masyarakat, tidak longgar dalam menerapkan protokol kesehatan. Kami akan evaluasi terus dalam hal pembukaan tempat-tempat pariwisata di Jakarta," imbuh dia.

Sebelumnya diberitakan, Taman Impian Jaya Ancol sebetulnya telah dinyatakan tutup hingga besok. Namun, kemarin, arus pengunjung membeludak sehingga kawasan tersebut sempat dibuka terbatas hingga sekitar 1.000 orang.

Di TMII, per kemarin tercatat ada sedikitnya 28.356 wisatawan yang datang, berdasarkan data penjualan tiket secara daring.

Laporan Tribunnews, pintu 1 TMII sampai harus ditutup pada siang hari dan papan pemberitahuan penutupan dipasang di bagian terdepan akses masuk. Antrean mengular panjang, begitu pun arus lalu lintas di Jalan Taman Mini 1 pada Sabtu siang.

Baca Juga: Antisipasi lonjakan Covid-19, kesehatan warga yang kembali ke Jakarta akan dipantau

Penulis : Vitorio Mantalean
Editor : Sabrina Asril

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat, Hari Ini dan Besok TMII, Ragunan, dan Ancol Ditutup".

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru