Ini manfaat minum kopi hitam di pagi hari untuk kesehatan tubuh Anda

Selasa, 05 Januari 2021 | 11:15 WIB Sumber: Kompas.com
Ini manfaat minum kopi hitam di pagi hari untuk kesehatan tubuh Anda


KESEHATAN - JAKARTA. Kabar baik untuk Anda penggemar kopi hitam. Minum kopi hitam di pagi hari memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan. 

Minum kopi hitam sudah jadi minuman wajib bagi sebagain orang di tanah air. Umumnya, mereka minum kopi sebelum beraktivitas. 

Baca Juga: Wow! Minum kopi dipercaya bisa menurunkan kadar asam urat

Minum segelas kopi hitam dipercaya bisa meningkatkan mood yang bisa membuat seseorang lebih bersemangat melakukan aktivitasnya. 

Ada kabar baik untuk Anda penggemar kopi. Minum kopi hitam pada pagi hari memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.    

Melansir Healthline, seduhan kopi mengandung antioksidan dan mineral penting. Di antaranya riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, magnesium, dan niasin. 

Dengan beragam nutrisinya, berikut sederet manfaat minum kopi hitam untuk kesehatan: 

1. Meningkatkan fungsi otak 

Manfaat minum kopi hitam di pagi hari yang sayang boleh dilewatkan adalah meningkatkan fungsi otak. Kopi mengandung kafein yang bersifat stimultan. 
Artinya, kafein segera terserap ke aliran darah dan bergerak ke otak sesaat setelah seseorang minum kopi hitam. 

Dampaknya, minum kopi hitam dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk daya ingat, kewaspadaan, fokus, sampai kemampuan merespons sesuatu. 

2. Membantu membakar lemak 

Kandungan kafein yang terkandung dalam kopi dapat membantu membakar lemak. 

Kafein merangsang sistem saraf dan memberikan sinyal kepada sel lemak agar segera memecah lemak di tubuh. 

Penelitian menunjukkan, minum asupan berkafein dapar meningkatkan laju metabolisme yang berperan dalam membakar lemak sebanyak 3%-11%. 

Studi lain mengungkapkan, efek kafein dalam kopi membantu membakar lemak lebih efektif pada orang kurus ketimbang orang gemuk. 

Namun, ada kemungkinan efek membantu membakar lemak ini tidak manjur bagi peminum kopi jangka panjang. 

3. Meningkatkan kapasitas kinerja fisik

Manfaat minum kopi di pagi hari juga bisa digunakan untuk meningkatkan kapasitas kinerja fisik sampai 12%. 

Asupan berkafein seperti kopi meningkatkan adrenalin dalam darah. Sehingga, tubuh lebih siap beraktivitas fisik intens. 

Hal itu dipengaruhi efek kafein yang dapat memecah lemak di tubuh. Dampaknya, tubuh jadi memiliki bahan bakar ekstra dari metabolisme lemak. 

Anda yang ingin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik intens disarankan minum kopi hitam sekitar setengah jam sebelumnya. 

4. Menurunkan risiko diabetes tipe 2 

Penyakit diabetes tipe 2 ditandai dengan peningkatan kadar gula darah karena berkurangnya kemampuan tubuh mengeluarkan insulin. 

Diabetes tipe 2 dapat menyebabkan komplikasi penyakit jantung, stroke, dan penyakit kronis lainnya. 

Kabar baiknya, studi menyebut orang yang rajin minum kopi memiliki risiko diabetes tipe 2 lebih rendah ketimbang kalangan bukan peminum kopi. 

5. Mencegah penyakit alzheimer dan parkinson

Orang tua berusia di atas 65 tahun berisiko terkena penyakit saraf degeneratif seperti alzheimer dan parkinson. 

Penyakit tersebut belum ada obatnya. Namun, penyakit saraf degeneratif ini dapat dicegah dengan menjaga pola makan sehat, rajin olahraga, dan minum kopi. 
Beberapa penelitian menunjukkan, orang yang rajin minum kopi memiliki risiko penyakit alzheimer lebih rendah 65% ketimbang bukan peminum kopi. 

Studi lain juga mengungkapkan, orang yang rutin minum kopi memiliki risiko penyakit parkinson lebih rendah 32%-60% daripada bukan peminum kopi. 

6. Menjaga kesehatan hati 

Manfaat minum kopi di pagi hari lainnya yakni membantu menjaga kesehatan hati. Hati adalah organ yang menjalankan beragam peran vital bagi tubuh. 

Sayangnya, banyak penyakit yang rentan menyerang hati. Termasuk hepatitis, fatty liver, dll. Penyakit hati kebanyakan disebabkan sirosis atau pertumbuhan jaringan parut di hati. 

Menariknya, minum kopi maksimal empat gelas per hari dapat mencegah seseorang terkena sirosis. 

7. Membantu melawan depresi

Depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. 

Sebuah penelitian dari Harvard membuktikan, wanita yang minum empat cangkir kopi per hari memiliki risiko terkena depresi 20% lebih rendah ketimbang wanita bukan peminum kopi. 

Penelitian lain juga membuktikan, orang yang rajin minum kopi cenderung tidak mengakhiri hidupnya karena depresi. 

8. Menurunkan risiko kanker hati dan kolorektal 

Potensi manfaat minum kopi di pagi hari lainnya yakni mencegah kanker hati dan kolorektal. Kedua jenis kanker di atas merupakan termasuk ke dalam 10 besar penyebab kematian akibat kanker di seluruh dunia. 

Kendati manfaat minum kopi di pagi hari sangat menjanjikan, Anda perlu cermat menikmati seduhan kahwa ini. 

Melansir Inc, ahli menyarankan waktu minum kopi atau minuman berkafein disesuaikan dengam ritme sirkadian. 

Ritme sirkadian adalah jam biologis yang mengatur kapan saat tidur, makan, sampai mengendalikan hormon stres (kortisol). Waktu terbaik minum kopi di pagi hari adalah saat kadar kortisol sedang rendah. 

Momentum ini tidak terjadi ketika Anda baru bangun tidur di pagi hari. Sebagai contoh, orang yang bangun sekitar pukul 06.00 pagi, kadar kortisol baru turun selang dua sampai tiga jam kemudian, atau pukul 08.00-09.00 pagi. 

Dengan mempertimbangkan patokan tersebut, Anda yang bangun pukul 06.00 pagi disarankan minum kopi saat level kortisol dalam tubuh sedang rendah, yakni pukul 09.30-11.30. 

Tak hanya mempertimbangkan waktu terbaik minum kopi di pagi hari, pastikan Anda tidak minum kopi lebih dari empat cangkir per hari. 

Selain itu, hindari tambahan sirup, gula, pemanis buatan, krim kocok, susu berlemak jenuh saat minum kopi.(Mahardini Nur Afifah) 

Baca Juga: Merasa ingin buang air besar setelah minum kopi, ini loh sebabnya

Selanjutnya: Ini manfaat minum kopi untuk kesehatan kulit Anda

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru