Jaga 32 titik CFD di Jakarta, TNI-Polri kerahkan 500 personel

Minggu, 28 Juni 2020 | 08:29 WIB Sumber: Kompas.com
Jaga 32 titik CFD di Jakarta, TNI-Polri kerahkan 500 personel

ILUSTRASI. Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Sudirman Jakarta, Minggu (21/6).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 500 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk mengawasi pelaksanaan car free day (CFD) yang tersebar di sejumlah lokasi di Jakarta, Minggu (28/6) ini. 

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo mengatakan, 500 personel tersebut akan disebar ke 32 titik pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau CFD hari ini. 

"Disiapkan 500 personel gabungan Ditlantas, Polres, Polsek dan TNI untuk menjaga 32 titik tersebut," kata Sambodo ketika dihubungi Kompas.com, Minggu pagi. 

Baca Juga: Permintaan sepeda melonjak, ini komentar Kemenhub

Menurut Sambodo, keberadaan ratusan personel tersebut merupakan hasil koordinasi antara Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta pada Jumat lalu. 

Aparat TNI-Polri akan bergabung dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta yang sudah disiagakan di setiap lokasi CFD. "Mereka akan bergabung bersama Dishub dan Satpol PP DKI," ujar dia. 

Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta telah memutuskan untuk meniadakan sementara CFD di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. 
Kendati demikian, Pemprov DKI akan tetap melaksanakan CFD tetapi lokasinya disebar ke 32 titik untuk mengurangi kerumunan masyarakat. 

"Untuk menghindari kepadatan, maka tentu di masa transisi ini kami harus sebar keinginan warga untuk beraktivitas olahraga," kata Syafrin. (Tria Sutrisna)

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru