Jalan tol layang Jakarta-Cikampek II beroperasi penuh awal 2020

Senin, 09 September 2019 | 13:56 WIB Sumber: Kompas.com
Jalan tol layang Jakarta-Cikampek II beroperasi penuh awal 2020

ILUSTRASI. Proyek infrastruktur jalan tol layang di ruas tol Jakarta-Cikampek


JALAN TOL - JAKARTA. Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) ditargetkan beroperasi penuh awal 2020. Tol sepanjang 36,4 kilometer ini sudah dapat digunakan fungsional saat arus mudik dan balik Natal dan Tahun Baru mendatang. 

PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) mengklaim, hingga akhir Agustus 2019 pekerjaan konstruksi telah mencapai 95,11 persen atau sesuai target.

Namun, penyelesaian konstruksi jalan berbayar ini secara keseluruhan dijadwalkan akhir September 2019.  Direktur Pengembangan Usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk Adrian Priohutomo mengungkapkan, salah satu kendala dalam penyelesaian proyek ini adalah relokasi menara Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di KM 17. 

Baca Juga: Kemenhub percepat program pemberantasan truk over dimension dan overloading

"Untuk mengatasi sisa pekerjaan tersebut, Jasa Marga akan lebih ketat dalam memonitor dan mengendalikan proses penanganan SUTET di KM 17, serta lebih luas lagi melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar didapat metode pelaksanan pekerjaan yang lebih cepat dan aman," kata Adrian dalam keterangan tertulis, Senin (9/9). 

Selain itu, 5 persen pekerjaan lain yang belum selesai seperti erection SIG, pengaspalan, dan expansion joint. "Secara masif semuanya ditargetkan selesai pada bulan September ini," jelas Adrian.

Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono menyatakan, akan memaksimalkan seluruh pekerjaan sehingga tol ini dapat digunakan secara fungsional pada akhir tahun 2019.

Baca Juga: Fitch menilai leverage Wijaya Karya (WIKA) dan Waskita Karya (WSKT) akan turun

"Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) kami targetkan dapat digunakan secara fungsional pada akhir tahun untuk mendukung pelaksanaan arus mudik Libur Natal & Tahun Baru 2019 dan beroperasi penuh pada awal tahun 2020," tuturnya.

Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) terbentang mulai dari Cikunir (Sta 9+500) hingga Karawang Barat (Sta 47+500). Kehadiran tol ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi memecah kemacetan di ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting. (Dani Prabowo) 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tol Layang Jakarta-Cikampek Beroperasi Penuh 2020",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru