Jalan tol pertama di Kaltim resmi beroperasi

Rabu, 25 Agustus 2021 | 07:25 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Jalan tol pertama di Kaltim resmi beroperasi


JALAN TOL - BALIKPAPAN. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Ruas Balikpapan-Samboja seksi 1 dan 5.

Beroperasinya dua seksi terakhir tersebut membuat jalan tol Balikpapan-Samarinda beroperasi secara penuh. Hal itu merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan.

"Ini capaian yang patut kita syukuri karena kita ingin pembangunan infrastruktur itu tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja atau di Pulau Sumatra tapi juga merata ke pulau-pulau yang lain," ujar Jokowi dalam sambutannya saat peresmian yang berlangsung di Gerbang Tol Manggar, Selasa (24/8).

Baca Juga: Jokowi tinjau akses jalan menuju ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur

Jokowi pun berharap keberadaan jalan tol ini dapat membantu menciptakan titik pertumbuhan ekonomi baru di Kaltim. Selain itu juga memperbaiki jaringan logistik yang lebih efektif dan efisien.

"Sehingga akan memperbaiki daya saing kita, utamanya komoditas yang diproduksi di Provinsi Kalimantan Timur sehingga akses semakin lancar dan bisa menurunkan biaya logistik," imbuhnya.

Selain itu, keberadaan jalan tol sepanjang 97,27 Km tersebut juga diyakini akan membantu meningkatkan daya saing produk ekspor yang dimiliki Kaltim.

"Sehingga menjadikan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur semakin efisien dan semakin kompetitif," ucap Jokowi.

Untuk diketahui, jalan tol Balikpapan-Samarinda terbagi menjadi lima seksi, yakni Seksi 5 Ruas Manggar-Karang Joang (10,74 km), Seksi 1 Ruas Karang Joang-Samboja (21,66 km), Seksi 2 Ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi 3 Ruas Muara Jawa-Palaran (17,30 km) dan Seksi 4 Palaran-SS Mahkota II (16,59 km).

Baca Juga: Jokowi kunjungi Kaltim, tinjau vaksinasi dan resmikan tol

Turut hadir mendampingi Presiden dalam peresmian tersebut adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru