Jambi akan bagikan 25.000 bibit cabai

Kamis, 26 Januari 2017 | 18:19 WIB Sumber: Antara
Jambi akan bagikan 25.000 bibit cabai


JAMBI. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Jambi menyiapkan sebanyak 25.000 bibit cabai untuk dibagikan kepada masayarakat sebagai upaya mengatasi tingginya harga cabai sejak beberapa bulan terakhir.

"Untuk pembagiannya itu kami bekerja sama dengan PKK Provinsi Jambi, yang kemudian diberikan secara gratis kepada masyarakat khususnya ibu rumah tangga," kata Pejabat Koordinator Kerja Sama pada BPTP Jambi Desi Hernita di Jambi, Kamis.

Menurut Desi, penyediaan bibit cabai yang siap ditanam tersebut merupakan program Kementerian Pertanian yang langsung ditugaskan kepada setiap balai yang ada di provinsi dengan menyediakan minimal 25.000 bibit cabai.

"Dibagikan kepada masyarakat melalui Tim Penggerak PKK, dan ditanam oleh ibu rumah tangga minimal 5-10 batang di pekarangan rumahnya," katanya.

Bibit cabai tersebut akan diberikan secara bertahap. Pada tahap pertama dan kedua akan dibagikan masing-masing 5.000 batang, dan tahap ketiga akan didistribusikan kembali sebanyak 15.000 batang. "Pembagian hingga tahap ketiga tersebut akan dilakukan sampai bulan Februari 2017," kata Desi.

Dengan pengembangan tanaman cabai di setiap pekarangan rumah itu secara otomatis para ibu rumah tangga bisa mengurangi belanja kebutuhan cabai di pasaran, apalagi saat harga tinggi.

Desi mengatakan, bibit cabai yang disediakan itu diantaranya jenis cabai merah dan cabai rawit siap ditanam dalam bentuk polybag yang juga dilengkapi dengan petunjuk teknis penanamannya. "Kita berikan bibit siap tanam. Intinya tanaman cabai itu rajin dirawat dan jangan sampai kekeringan agar bebas hama penyakit," katanya.

(Dodi Saputra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru