Jusuf Kalla desak Ridwan Kamil dan Mohammad Idris selesaikan persoalan lahan UIII

Kamis, 22 Agustus 2019 | 14:01 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Jusuf Kalla desak Ridwan Kamil dan Mohammad Idris selesaikan persoalan lahan UIII

ILUSTRASI. Jusuf Kalla desak Ridwan Kamil dan Mohammad Idris selesaikan persoalan lahan UIII?


JK JUSUF KALLA - JAKARTA. Wakil Presiden Jusuf Kalla mendesak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Depok Mohammad Idris segera menerbitkan surat keterangan (SK) penertiban untuk lahan lokasi pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia ( UIII).

Hal tersebut disampaikan Kalla selepas meninjau progres pembangunan kampus UIII di Depok, Jawa Barat, Kamis (22/8/2019) pagi. Kalla mengatakan, progres pembangunan kampus tersebut sejauh ini sudah cukup maju, kecuali kendala lahan.

Baca Juga: Istana: Komaruddin Hidayat ditunjuk menjadi Rektor UIII

"Persoalan lahan urusan gubernur dan wali kota, untuk segera terbitkan SK tentang penertibannya," ujar Kalla.

Ia mengatakan, persoalan lahan ini harus segera diselesaikan dan dipercepat prosesnya. Sebab, pada tahun depan, kampus itu harus mulai dioperasikan.

"Kami harap bisa selesai (masalah) lahannya, bisa selesai cepat semua," kata dia.

Selain terkendala lahan, pembangunan kampus UIII terkendala tower yang ada di lokasi tersebut atau belum dibongkar. Namun, terkait tower ini, kata dia, sudah ada persetujuan antara Menteri Agama dengan RRI untuk segera membongkarnya secara bertahap.

"Nanti mudah-mudahan bulan depan, pertengahan September sudah selesai pembongkaran, sehingga bisa maju ke tahap pengerjaan selanjutnya," kata dia.

Baca Juga: Tak setuju, JK sebut kinerja PNS dari rumah tak akan terkontrol

Kampus UIII Depok dibangun di aras lahan seluas 142,5 hektare. Seluas 30% lahan di antaranya akan diisi bangunan dan 70% lainnya adalah lahan hijau untuk perlindungan flora dan fauna.

Adapun Kalla meninjau di tiga titik pembangunan kampus yang dibangun di atas lahan eks pemancar RRI, Cisalak, Depok itu. Proyek pembangunan pagar keliling dan infrastruktur kawasan kampus UIII tahap 1- Paket III menjadi lokasi tinjauan pertama.

Proyek ini dibangun oleh PT Brantas Abipraya berupa pagar sepanjang 3159,49 meter dan panjang trase jalan 2360,33 meter. Di lokasi kedua, JK meninjau pembangunan perumahan dosen, asrama mahasiswa dan rehabilitasi bangunan MEP.

Lokasi tersebut akan dibangun 224 kamar untuk non difable dan 16 kamar untuk difable. Kemudian di titik akhir, Kalla meninjau yakni proyek pembangunan gedung rektorat, gedung fakultas, dan kawasan tiga pilar Kampus UIII. (Deti Mega Purnamasari)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kalla Desak Ridwan Kamil dan Mohammad Idris Selesaikan Persoalan Lahan UIII", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru