KA lokal Walahar, Jatiluhur dan Siliwangi kembali beroperasi, ini jadwalnya

Kamis, 23 September 2021 | 09:34 WIB   Reporter: Siti Masitoh
KA lokal Walahar, Jatiluhur dan Siliwangi kembali beroperasi, ini jadwalnya

ILUSTRASI. Rangkaian Kereta Api (KA) melaju. ANTARA FOTO/Siswowidodo/hp.


TRANSPORTASI - JAKARTA. Setelah berhenti beroperasi pada masa PPKM, kini Kereta Api (KA) Lokal Daop 1 Jakarta, KA Walahar (relasi Cikarang-Purwakarta PP), KA Jatiluhur (Cikampek-Cikarang PP) dan KA Siliwangi (Sukabumi-Cipatat) kembali beroperasi mulai hari ini Rabu, 22 September 2021 untuk melayani masyarakat yang akan berpergian di wilayah aglomerasi.

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pelanggan KA Lokal Walahar, Jatiluhur dan Siliwangi yang akan melakukan perjalanan yakni wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi yang terdapat data vaksin minimal dosis pertama. Bukti vaksinasi Covid-19 tersebut akan dicek oleh petugas melalui layar komputer petugas boarding sebelum naik kereta.

“Data vaksinasi akan otomatis muncul pada layar komputer petugas boarding, karena KAI telah mengintegrasikan aplikasi Peduli Lindungi dengan sistem boarding dan mewajibkan calon pelanggan menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada saat pembelian atau pemesanan tiket KA Lokal,” seperti dikutip dari PT KAI (Persero) dalam keterangan resminya, Rabu (22/9).

Jika data tidak muncul pada layar komputer petugas, maka pemeriksaan akan dilakukan secara manual dengan menunjukkan kartu vaksin calon pelanggan. Berikut syarat dan ketentuan perjalanan KA Lokal dalam wilayah atau kawasan aglomerasi:

1. Penumpang telah divaksin minimal dosis pertama

2. Menunjukkan bukti vaksin melalui aplikasi Peduli Lindungi atau kartu vaksin

3. Menunjukkan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah, apabila belum dapat divaksin karena kondisi tertentu

4. Anak-anak di bawah umur 12 tahun, untuk sementara tidak diperkenankan melakukan perjalanan

Baca Juga: KAI buka lowongan kerja terbaru 2021 di banyak posisi tingkat SMA-S1, simak infonya

KA Lokal Walahar melayani penumpang dari Stasiun Cikarang menuju Purwakarta, pulang pergi (PP) dengan tarif Rp 4.000. Sebelumnya, pada masa normal sebelum pandemi KA Lokal Walahar memiliki relasi Stasiun Tanjung Priok-Purwakarta PP. Untuk KA Lokal Jatiluhur memiliki relasi Stasiun Cikampek-Cikarang dengan tarif Rp 3.000, dan KA Siliwangi relasi Sukabumi-Cipatat tarifnya Rp. 5.000.

Berikut jadwal keberangkatan KA Lokal Walahar, Jatiluhur dan Siliwangi:

KA Walahar (Cikarang-Purwakarta)

1. KA 384 Walahar keberangkatan pukul 05.45 WIB

2. KA 386 Walahar keberangkatan pukul 07.00 WIB

3. KA 388 Walahar keberangkatan pukul 11.20 WIB

4. KA 390 Walahar keberangkatan pukul 15.35 WIB

5. KA 392 Walahar keberangkatan pukul 18.37 WIB

Editor: Handoyo .

Terbaru