Kasus virus corona di Surabaya tinggi, ini penyebabnya menurut Doni Monardo

Rabu, 03 Juni 2020 | 11:31 WIB Sumber: Kompas.com
Kasus virus corona di Surabaya tinggi, ini penyebabnya menurut Doni Monardo

ILUSTRASI. Kepala?Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19?Doni Monardo


VIRUS CORONA - SURABAYA. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyanjung penanganan wabah virus corona baru yang Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya lakukan. 

Hal itu Doni sampaikan saat berkunjung ke Balai Kota Surabaya bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Selasa (2/6). Ia mengatakan, Pemkot Surabaya sudah melakukan langkah-langkah yang sangat baik. 

Sementara peningkatan kasus terkonfirmasi di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur merupakan buah kerja keras dalam melakukan tracing dan pengambilan sampel di berbagai lingkungan masyarakat. 

Baca Juga: Risma mencak-mencak mobil PCR bantuan BNPB malah bukan untuk Surabaya

"Tentunya tak mudah untuk mendapatkan informasi daerah yang kawasannya banyak yang positif. Ini langkah yang strategis dan sangat cerdas," kata Doni. 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini berharap, pasien yang saat ini dirawat kemudian sembuh agar mendonasikan plasmanya kepada pemerintah untuk pengobatan pasien yang sakit berat. 

Berdasarkan data Pemkot Surabaya, sebanyak 226 kasus kematian akibat Covid-19 memiliki riwayat penyakit penyerta. Karena itu, Doni meminta agar jenis penyakit penyerta itu dipelajari, kemudian diinformasikan ke masyarakat agar berhati-hati. 

Baca Juga: Surabaya bisa jadi seperti Wuhan? Ini kata pemkot

Sejak beberapa hari terakhir, kasus Covid-19 di Surabaya memang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. 

Surabaya hitam pekat

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru