Jabodetabek

Katulampa Siaga 3, warga pinggiran Ciliwung di Jakarta diminta waspada banjir di sore

Minggu, 07 Februari 2021 | 13:10 WIB Sumber: Kompas.com
Katulampa Siaga 3, warga pinggiran Ciliwung di Jakarta diminta waspada banjir di sore

ILUSTRASI. Bendung Katulampa, di Bogor

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketinggian muka air di Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, meningkat setelah hujan deras mengguyur kawasan Bogor sejak Minggu (7/2) dini hari. 

Tinggi air di Bendung Katulampa pada pukul 08.00 WIB berada di 120 sentimeter atau berstatus siaga 3. Peringatan dini terhadap waspada banjir di wilayah Jakarta pun dikeluarkan. 

Kepala Pos Jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman menyebutkan, status siaga 3 terjadi sejak pukul 06.00 WIB. Saat itu ketinggian air menyentuh 130 sentimeter. Meski pada pukul 08.00 WIB telah mengalami penurunan di angka 120 sentimeter, namun status siaga masih berlanjut. 

"Naik ke siaga 3 dan cuaca masih hujan," kata Andi, dalam keterangannya, Minggu pagi. Dia menjelaskan, naiknya tinggi air di bendungan peninggalan Belanda itu dikarenakan curah hujan yang tinggi di wilayah Puncak, Bogor, dan sekitarnya. 

Andi mengemukakan, ada sekitar 188.877 liter air per detik yang melintas di Bendung Katulampa menuju Jakarta. 

Baca Juga: PLN pulihkan 502 gardu distribusi listrik terdampak banjir di Jawa Tengah

Diperkirakan, air kiriman dari Katulampa  akan sampai dalam waktu sekitar 9-12 jam ke depan atau pukul 15.00-18.00 WIB. Ia mengingatkan agar warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung waspada dan berhati-hati. 

"Saat ini kondisi di kawasan Puncak dan sekitarnya masih hujan. Kami akan terus koordinasi dengan pintu air lainnya untuk memantau ketinggian air," ujar dia. 
Berdasakan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah Bogor dan sekitarnya diprediksi masih diguyur hujan dengan intensitas sedang sampai siang hari. 

Kelembaban udara berkisar 80 sampai 100 persen dengan kecepatan angin 5 sampai 30 kilometer per jam. Masyarakat diminta untuk mewaspadai terjadinya hujan lebat yang disertai angin kencang. (Ramdhan Triyadi Bempah)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bendung Katulampa Siaga 3, Warga di Pinggiran Ciliwung di Jakarta Diminta Waspada Banjir Pukul 15.00-18.00 WIB".

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru