Kebakaran di Sam Poo Kong Semarang, disebut berasal dari rumah lilin

Senin, 17 Mei 2021 | 11:35 WIB Sumber: TribunNews.com
Kebakaran di Sam Poo Kong Semarang, disebut berasal dari rumah lilin

ILUSTRASI. Wisatawan berwisata di Kelenteng Sam Poo Kong Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/1). ANTARA FOTO/R. Rekotomo/pras/18.

KONTAN.CO.ID - SEMARANG. Asap hitam menyembul dari tengah komplek Klenteng Sam Poo Kong Kota Semarang. Asap hitam yang membumbung tinggi itu bahkan terlihat dari jarak ratusan meter. 

Kondisi itu menjadi sorotan pengguna jalan yang melintas di Jalan Taman Gedung Batu Raya, Kota Semarang. Beberapa pengguna jalan juga terlihat berhenti sejenak di sekitar Klenteng Sam Poo kong, lantaran penasaran adanya asap tersebut. 

"Kebakaran apa bagaimana tidak tahu, tadi dari kejauhan saya lihat asap hitam membumbung tinggi, makanya saya datang ke Klenteng," jelas Sutarno pengguna jalan yang mendatangi Klenteng Sampokong, Senin (17/5/2021).

Baca Juga: Total anggaran pembangunan rusun sekolah seminari di NTT capai Rp 16,78 miliar

Sementara di dalam komplek Klenteng Sampokong, satu mobil Damkar nampak terparkir. 

Beberapa petugas dari TNI-Polri juga berada di sekitar mobil Damkar tersebut. 

Tak beberapa lama asap hitam dari tengah Komplek Klenteng Sam Poo Kong tersebut, mulai hilang dari penglihatan.

Menyoal penyebab kejadian itu, Tribunjateng.com mencoba mengklarifikasi ke pengelola Klenteng Sam Poo Kong. 

Meski demikian pihak pengelola enggan memberi jawaban atas kejadian yang menjadi sorotan masyarakat itu. 

Baca Juga: 17 Mei batas akhir larangan mudik, ini aturan pengetatan perjalanan 18-24 Mei

Terpisah, Sugeng, satu di antara petugas security Komplek Klenteng Sam Poo Kong, memberikan keterangan, asap yang membumbung tinggi itu berasal dari lilin yang terbakar.

"Jam 07.00 WIB kejadiannya, yang terbakar lilin yang ada di rumah lilin. Bukan bangunannya Klenteng yang terbakar," jelasnya.

Ia menambahkan, api tak merambat ke bangunan, hanya membakar tumpukan lilin. "Tidak sampai merambat ke bangunan lainya," tambahnya. 

Pantauan Tribunjateng.com di Komplek Klenteng Sam Poo Kong, sekitar pukul 09.00 WIB, mobil Damkar yang terparkir di dalam komplek Klenteng meninggalkan lokasi.

Dari kejauhan, di rumah lilin tempat asal mula api nampak basah terkena air dari yang digunakan tim Damkar.  Di rumah lilin yang terpisah dari bangunan Klenteng hanya terlihat sisa sisa lelehan malam. (Budi Susanto)

 

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Kebakaran di Sam Poo Kong Semarang, Disebut Berasal dari Rumah Lilin

Selanjutnya: Berlaku 18 Mei 2021, ini syarat keluar kota pakai kendaraan umum dan pribadi

 

Editor: Tendi Mahadi
Tag
Terbaru