Kebijakan ganjil-genap di jalan tol Tambun masih sosialisasi

Senin, 19 November 2018 | 20:28 WIB   Reporter: kompas.com
Kebijakan ganjil-genap di jalan tol Tambun masih sosialisasi

ILUSTRASI. Gerbang Tol Tambun


KEBIJAKAN PELAT GANJIL GENAP - BEKASI. General Manager Tol Jakarta Cikampek Raddy R Lukman mengatakan, penerapan kebijakan ganjil-genap di gerbang tol Tambun masih berupa sosialisasi. Belum ada penindakan bagi kendaraan yang melanggar kebijakan tersebut. 

"Baru sebatas sosialisasi saja. Belum ada penerapan bagi kendaraan yang terkena aturan ganjil genap. Kendaraan masih boleh masuk," kata Raddy kepada Kompas.com, Senin (19/11). 

Raddy menambahkan, sosialisasi dilakukan dengan memasang spanduk pemberitahuan di area gerbang tol. Selain itu, sosialisasi juga dilakukan melalui pengeras suara kendaraan, Variable Message Sign (VMS), dan penyebaran pamflet. 

Rencananya sosialisasi dilakukan hingga dua minggu ke depan. "Nanti pada tahap uji coba, baru kendaraan akan kami suruh putar balik," ujar Raddy. Adapun sosialisasi sudah dilakukan sejak Kamis (15/11) lalu. 

Raddy menjelaskan, pihaknya dalam hal ini bekerja sama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Kebijakan ganji-genap di gerbang tol Tambun nantinya bertujuan untuk mengurangi penumpukan kendaraan yang kerap terjadi di tol Jakarta-Cikampek. 

"Kami sudah terapkan di gerbang tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat, namun dalam tanda kutip kurang efektif. Kendaraan banyak yang menyiasatinya dengan masuk ke gerbang tol Tambun," ucap Raddy. 

Diketahui, rencananya kebijakan ganjil-genap akan diterapkan juga di gerbang tol Pondok Gede Barat dan Pondok Gede Timur. Kebijakan itu nantinya akan berlaku dari Senin-Jumat pukul 06.00-09.00 WIB. Kendaraan berplat nomor ganjir bisa melintas di tanggal ganjil sedangkan berplat nomor genap melintas di tanggal genap. (Dean Pahrevi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belum Ada Penindakan, Ganjil-Genap di Tol Tambun Masih Sosialisasi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru