Kelanjutan Proyek LRT Jakarta, Pemprov DKI Mencari Investor

Kamis, 29 September 2022 | 21:52 WIB Sumber: Kompas.com
Kelanjutan Proyek LRT Jakarta, Pemprov DKI Mencari Investor

ILUSTRASI. Rangkaian kereta LRT saat akan berhenti di Stasiun LRT Velodrome, Jakarta Timur.


DKI JAKARTA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mencari investor untuk melanjutkan proyek Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta.

"Tentunya untuk lanjutan LRT, tentu kami akan mengedepankan skema investasi," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Kamis (29/9/2022).

Syafrin mengatakan, skema investasi rencananya berupa kerja sama pemerintah daerah dengan badan usaha (KPDBU). "Itu salah satu opsinya," kata dia.

Syafrin menyebutkan, alasan pencarian investor itu karena keuangan daerah tak bisa menanggung semua biaya konstruksi infrastruktur LRT Jakarta.

"Untuk mendorong pembangunan infrastruktur, kami juga harus menyesuaikan dengan kapasitas fiskal yang tersedia," ujar Syafrin.

Baca Juga: KAI Optimistis Proyek LRT Jabodetabek dan KA Cepat Kelar Sesuai Rencana

Adapun LRT Jakarta Rawamangun-Kelapa Gading akan diperpanjang hingga Jakarta International Stadium (JIS) di Sunter, Jakarta Utara.

Pembangunan LRT fase 2A itu membutuhkan dana hingga Rp 7 triliun. Hal itu diketahui dari pemaparan Direktur Utama BUMD DKI PT Jakarta Propertindo Widi Amanasto, dalam rapat kerja dengan Komisi B di Gedung DPRD DKI pada Rabu (14/9/2022).

Dalam pemaparan itu disebutkan, proyek LRT fase 2A akan melintasi enam stasiun pada segmen Britama, Artha Gading, Sunter Timur, Gelanggang Remaja, Sunter Barat, dan berakhir di JIS. Panjang totalnya mencapai 8,2 kilometer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov DKI Cari Investor untuk Lanjutkan Proyek LRT Jakarta"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru