Kembangkan Klaster Kentang, Polbangtan Kementan Berkolaborasi dengan Pemkab Malang

Rabu, 19 Juni 2024 | 19:04 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kembangkan Klaster Kentang, Polbangtan Kementan Berkolaborasi dengan Pemkab Malang

Kegiatan panen kentang di Kecamatan Ngadas, Kabupaten Malang menjadi momen berarti dalam upaya pengembangan Klaster Kentang oleh Program YESS. Panen juga wujud nyata kolaborasi bagi stakeholders?terkait.


AGRIBISNIS -  MALANG - Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan International Fund for Agriculture Development (IFAD) melalui Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) dalam upaya regenerasi pertanian. 

Program ini bertujuan menciptakan generasi petani muda yang maju, mandiri, dan modern dalam pengelolaan usaha pertanian.

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang sebagai pelaksana Program YESS di Jawa Timur terus memperkuat kapasitas petani muda melalui kolaborasi.

Panen kentang di Kecamatan Ngadas, Kabupaten Malang, pada Sabtu (15/6) lalu, menjadi momen penting dalam pengembangan Klaster Kentang oleh Program YESS. Panen kentang ini dibuka oleh Sekretaris BPPSDMP Kementan, Siti Munifah, yang mengapresiasi dukungan Bupati Malang, Sanusi.

Baca Juga: Kementan Melalui Balai Penyuluhan Pertanian Dukung Pertanian Cerdas Iklim (CSA)

"Penting memanfaatkan waktu hingga 2025 untuk memaksimalkan Program YESS, dan mengapresiasi dukungan IFAD terhadap kesuksesan petani muda di Malang, khususnya Kecamatan Ngadas," kata Siti dalam siaran pers, Rabu (19/6).

Bupati Malang, Sanusi, memastikan dukungan pemerintah daerah untuk pengembangan Demplot bagi petani kentang setempat. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pemkab Malang, Avicenna M Saniputra; Kepala Bappeda Malang, Tomie Herawanto; Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana, serta perwakilan dari Kementan dan Program YESS juga turut hadir.

Ketua Poktan Petani Muda "Potato Forever", Jeffri, menyatakan apresiasi atas dukungan Program YESS. "Poktan Potato Forever kini telah menjadi contoh sukses bagaimana program pendampingan dan pembinaan dapat membawa dampak positif yang nyata," katanya.

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana, berharap kegiatan panen kentang dapat menginspirasi wilayah lain. "Sinergi antara pemerintah pusat dan daerah serta Program YESS menjadi kunci kesuksesan membangun kemandirian petani muda mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Malang," kata Udrayana.

Baca Juga: Resonansi Regenerasi Petani, Polbangtan Malang Kembangkan Korporasi di Pacitan

Dengan panen kentang ini, Program YESS semakin menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan kewirausahaan di kalangan pemuda. "Diharapkan ke depan, lebih banyak lagi generasi muda yang terinspirasi terjun dan berkontribusi pada sektor pertanian sebagai pilar penting perekonomian daerah," tambah Udrayana.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengarahkan pembangunan ekosistem baru di sektor pertanian agar menarik minat generasi muda. Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, berharap Program YESS dapat meningkatkan kompetensi SDM pedesaan dan jumlah wirausahawan muda pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru