Kemendikbud: Ada 25 kluster Covid-19 belajar tatap muka di Jakarta

Rabu, 22 September 2021 | 21:16 WIB Sumber: Kompas.com
Kemendikbud: Ada 25 kluster Covid-19 belajar tatap muka di Jakarta

ILUSTRASI. Sejumlah siswa-siswi SD Negeri 10 Cideng, jakarta, Senin (30/8/2021) mengikuti proses pembelajaran tatap muka.


COVID-19 - JAKARTA. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristek) merilis data survei terkait munculnya 25 kluster Covid-19 di Jakarta yang berasal dari kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Berdasarkan data dari 897 responden sekolah yang mengisi survei tersebut diketahui terdapat 25 kluster. Dari 25 kluster tersebut, Jakarta Barat menjadi wilayah dengan kluster PTM terbanyak, yakni 8 kluster. Sedangkan Jakarta Timur 6 kluster, Jakarta Utara 5 kluster, Jakarta Selatan 5 kluster dan 1 kluster di Jakarta Pusat.

Total pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) yang tercatat positif Covid-19 mencapai 227 kasus. Sedangkan siswa atau peserta didik yang terpapar Covid-19 dan berstatus positif terhitung 241 kasus.

Baca Juga: Cara persiapkan anak untuk hadapi pembelajaran tatap muka

Kepala Dinas Kesehatan Widyastuti mengatakan data tersebut masih harus dilakukan investigasi karena ada kemungkinan penyebaran Covid-19 bukan terjadi pada saat PTM berlangsung.

"Kita tahu bahwa mungkin dari keluarga dulu, atau saat interaksi di jalan karena pada saat di jalan karena tidak semuanya mempunyai kendaraan pribadi," tutur Widyastuti, Rabu (22/9).

Baca Juga: Kasus COVID-19 muncul lagi sejak Februari, kota di China ini terapkan semi-lockdown

Dia juga tidak menutup kemungkinan terdapat kasus positif Covid-19 di saat PTM berlangsung. Namun, untuk memastikan apakah penularan murni berasal dari sekolah, perlu pemeriksaan yang lebih intens agar kasus bisa disebut kluster PTM.

"Tapi sekali lagi kita belum diberikan info atau masih dalam proses melakukan investigasi bersama dengan dinas pendidikan," pungkas Widyastuti.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Data Kemendikbud: 25 Klaster Covid-19 Belajar Tatap Muka Ditemukan di Jakarta.
Penulis: Singgih Wiryono
Editor: Irfan Maullana

Baca Juga: Filipina akan membuka kembali 120 sekolah untuk kelas tatap muka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru