kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45689,38   17,24   2.56%
  • EMAS917.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Kementerian PUPR tata kawasan Pulau Bunaken dan Pantai Paal Likupang


Minggu, 03 November 2019 / 14:26 WIB
Kementerian PUPR tata kawasan Pulau Bunaken dan Pantai Paal Likupang
ILUSTRASI. MANADO,18/12-WISATA BUNAKEN. Wisatawan menuju perahu untuk kembali ke kota Manado usai menikmati alam Pulau Bunaken, Manado, Sulawesi Utara, Minggu (17/12). Taman Nasional Bunaken merupakan tempat wisata yang berada di Teluk Manado - Sulawesi Utara dengan

Reporter: Handoyo | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun 2020 telah memprogramkan penataan kawasan Pulau Bunaken, Kota Manado dan Pantai Paal, Kabupaten Minahasa Utara di Sulawesi Utara yang termasuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas Manado-Likupang.

Penataan KSPN Manado-Likupang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing dan domestik serta menciptakan pariwisata bahari yang kental dengan budaya lokal dan representatif bagi wisatawan berkelas dunia. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan infrastruktur untuk mendukung KSPN telah direncanakan secara terpadu.

Baca Juga: Gara-Gara Karaha, Perusahaan Siswono Berseteru dengan Perusahaan Asal Selandia Baru

“Pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur yang disusun oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW), yang dilanjutkan dengan perencanaan teknis penataan kawasan oleh Ditjen Cipta Karya” kata Menteri Basuki beberapa waktu lalu. 

Penataan kawasan Pulau Bunaken dilakukan dengan merenovasi tourism trail  yang meliputi mangrove trail, beach walk, dan boulder. Fasilitas permukiman meliputi gerbang permukiman, jalur pedestrian dan kendaraan, jalur kendaraan depan lapangan olah raga, penerangan jalan, dan street furniture

Kementerian PUPR juga membangun kawasan dermaga wisata yang meliputi ruang penerima tamu, terminal building, ruang budaya dan landmark, galeri wisata serta parkir untuk ojek dan becak motor dan homestay untuk percontohan.

Baca Juga: Satria Antaran Prima (SAPX) yakin bisnis bakal tetap moncer, ini alasannya



TERBARU

[X]
×