Khusus Rute Ini, Mudik Gratis 2023 Dengan Kereta Api Masih Tersedia, Tanpa Syarat!

Kamis, 13 April 2023 | 06:17 WIB Sumber: Kompas.com
Khusus Rute Ini, Mudik Gratis 2023 Dengan Kereta Api Masih Tersedia, Tanpa Syarat!

ILUSTRASI. Khusus Rute Ini, Mudik Gratis 2023 Dengan Kereta Api Masih Tersedia, Tanpa Syarat!


MUDIK LEBARAN - Makassar. Program mudik gratis Lebaran 2023 dengan kereta api masih tersedia. Namun mudik gratis Lebaran 2023 dengan kereta api ini hanya untuk warga di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Lebaran 2023 sudah di depan mata. Untuk warga Sulsel yang ingin mudik dengan angkutan umum, tidak perlu repot-repot mencari tiket perjalanan.

Naik kereta api di Sulawesi Selatan (Sulsel) masih gratis alias belum dipungut biaya. Bahkan, kereta api yang baru diluncurkan Presiden Jokowi ini dijadikan angkutan Lebaran 2023.

Humas Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel, Ryan Agiastaguna yang dikonfirmasi, Rabu (12/4/2023) mengatakan, kereta api Sulsel ini belum dijadikan angkutan mudik karena belum keputusan.

"Tapi jadi angkutan Lebaran saja dari Kabupaten Maros, Pangkep hingga stasiun Garongkong, Kabupaten Barru. Seumpama digunakan untuk mudik, di Jawa itu polanya dari Jakarta ke Jawa," katanya.

Baca Juga: Mudik Nyaman Bareng Pelita Air Luncurkan Tiga Rute Baru ke Sumatera

Ryan menuturkan, kereta api Sulsel dari Maros sampai Garongkong, Kabupaten Barru tetap jadi angkutan biasa melayani penumpang. Di mana saat ini kereta api Sulsel masih 2 yang beroperasi. "Pagi untuk reguler, yakni yang bersurat dan siangnya untuk angkutan umum. Bagi orang yang ingin naik kereta api, langsung saja datang ke stasiun. Tidak ada lagi mendaftar lewat aplikasi seperti sebelumnya, mamang dari BPKA sudah disetop," ungkapnya.

Ryan menjelaskan, saat ini ada program angkutan dari Mall Panakukang, Kota Makassar naik sahabat bus sampai ke Bandara Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros. Dari Bandara lanjut ke stasiun kereta api. Kemudian dilanjutkan naik kereta api hingga ke Garongkong, Barru.

Dari Garongkong dijemput naik bus Damri hingga ke Terminal penumpang Kota Parepare. "Kalau naik sahabat bus dari Makassar ke stasiun kereta api di Maros berjarak sekitar 54 Km hanya Rp 4.600 perorang. Kemudian kereta api dari stasiun Maros hingga Stasiun Garongkong, Barru berjarak 80 Km masih gratis. Dari stasiun Garongkong, Kabupaten Barru ke Terminal penumpang Damri berjarak sekitar 80 KM dengan tarif Rp 30.000 perorang," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jadi Angkutan Lebaran 2023, Naik Kereta Api di Sulsel Masih Gratis",

 

Penulis : Kontributor Makassar, Hendra Cipto
Editor : Ardi Priyatno Utomo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru