Kontak senjata di Wamena, satu anggota KKB dilumpuhkan TNI-Polri

Jumat, 23 Agustus 2019 | 14:32 WIB Sumber: Kompas.com
Kontak senjata di Wamena, satu anggota KKB dilumpuhkan TNI-Polri

ILUSTRASI. Prajurit TNI bersiap menaiki helikopter menuju Nduga dari Wamena


PAPUA - WAMENA. Terjadi kontak senjata antara kelompok kriminal bersenjata ( KKB) dengan aparat TNI- Polri di Pasar Ajibama, Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Jumat (23/8). Kapolres Jayawijaya AKBP T Ananda membenarkan adanya kontak senjata dengan KKB di Pasar Ajibawa Kota Wamena. 

“Ya. Benar kita kontak senjata dengan kelompok KKB di Kota Wamena. Kami berhasil melumpuhkan 1 orang,” ungkapnya ketika dikonfirmasi Kompas.com, melalui telepon selulernya, Jumat siang. 

Baca Juga: Jokowi akan bahas kesejahteraan bersama masyarakat Papua minggu depan

Ananda menjelaskan, KKB yang selama ini bergerilya di hutan, kini mulai masuk ke dalam kota. “Memang kita sudah mendapat informasi sebelumnya. Kalau kelompok KKB hendak masuk ke dalam kota, untuk bergabung mendukung pergerakan elit politik separatis,” ujarnya. 

KKB mulai bersatu, membuat gerakan separatis Ananda menambahkan, sampai saat ini pihaknya masih mengidentifikasi identitas para anggota satu kelompok KKB yang tewas tertembak. 

“Jadi kita belum bisa pastikan ini dari kelompok mana," kata dia.  

Baca Juga: Jokowi menduga ada penumpang gelap yang membuat kekeruhan dengan isu Papua

"Hanya saja dari informasi yang kami himpun, kelompok KKB di daerah pegunungan tengah Papua sudah mulai bersatu, untuk membuat pergerakan separatis,” ujarnya. (Kontributor Wamena, John Roy Purba)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kontak Senjata di Wamena,1 Anggota KKB Dilumpuhkan TNI-Polri"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru