CLOSE [X]

Kuala Kencana, Kota Terbatas yang Dikelola PT Freeport Indonesia

Selasa, 02 Agustus 2022 | 12:56 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Kuala Kencana, Kota Terbatas yang Dikelola PT Freeport Indonesia

ILUSTRASI. Kuala Kencana Papua.


KONTAN.CO.ID - Kuala Kencana adalah kawasan terbatas yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) dan terletak di kawasan perusahaan tambang ini. Hanya orang-orang yang memiliki kartu identitas ID PTFI atau yang telah memiliki izin tertentu yang bisa masuk.

Dirangkum dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Mimika, setiap kendaraan yang akan masuk ke Kuala Kencana mungkin harus melewati pemeriksaan yang ketat dan menyeluruh oleh petugas keamanan di checkpoint perbatasan Timika-Kuala Kencana.

Kuala Kencana diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 5 Desember 1995. Dirangkum dari laman resmi Distrik Kuala Kencana, Distrik Kuala Kencana adalah salah satu dari 18 distrik yang berada di Kabupaten Mimika. 

Distrik Kuala Kencana adalah pemekaran dari Distrik Mimika Baru yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Mimika Nomor 12 Tahun 2011, yang terdiri dari dua kelurahan dan delapan kampung. 

Baca Juga: Wilmar bersama Polda Banten gelar vaksinasi Covid-19

Perumahan bergaya barat dan fasilitas lengkap 

Salah satu yang khas di Distrik Kuala Kencana Papua adalah perumahan di kawasan ini tidak seperti di kawasan Indonesia kebanyakan. 

Dirangkum dari Kompas.com (27/2/2022), rumah-rumah dibangun tanpa pagar dilengkapi halaman luas, dengan gaya bangunan modern bergaya barat. Susunan perumahan juga teratur dan rapi seperti menyatu dengan kondisi alam di dataran rendah. 

Beberapa kompleks pemukiman warga Kuala Kencana antara lain RW A atau Bumi Satwa Indah, RW B atau Tirta Indah, kompleks apartemen, kompleks Jl. Bougenville, dan yang terakhir adalah Bachelor's Quarter.

Selain itu, Kota Kuala Kencana memiliki fasilitas yang lengkap bagi para penghuninya. 

Selain gedung perkantoran PT Freeport Indonesia dan komplek perumahan karyawan, tersedia pula lapangan sepak bola, lapangan badminton indoor, lapangan futsal indoor, kolam renang standar olimpiade, lapangan golf, bahkan pusat perbelanjaan. 

Tak hanya itu, di Kuala Kencana juga terdapat fasilitas publik seperti sekolah, alun-alun, gereja, masjid, salon, perpustakaan, restoran, dan layanan perbankan.

Baca Juga: Freeport Indonesia sediakan RS rujukan hingga fasilitas karantina pasien Covid-19

Sistem kabel bawah tanah

Pembangunan kawasan Kuala Kencana juga telah menggunakan perencanaan yang matang dengan penerapan underground utilities. Saluran kabel listrik, komunikasi, serta distribusi air bersih, dan pengolahan limbah tertanam rapi di dalam tanah. 

Dilansir dari TribunTimur, Kuala Kencana merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki sistem saluran air kotor yang lalu disalurkan ke pusat pengelolaan limbah. 

Tak hanya itu, saluran kabel listrik bawah tanah di Kuala Kencana juga menjadi yang pertama di Indonesia.

Demikian penjelasan mengenai Distrik Kuala Kencana yang terdapat di Papua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru