Lalu lintas Trans Kalimantan sempat macet, ada aksi protes penutupan jalan di Tapin

Senin, 13 Desember 2021 | 19:55 WIB Sumber: TribunNews.com
Lalu lintas Trans Kalimantan sempat macet, ada aksi protes penutupan jalan di Tapin

ILUSTRASI. Penutupan Jalan Hauling di Kalsel

KONTAN.CO.ID - RANTAU. Ribuan orang berunjuk rasa damai di Desa Suato Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (13/12/2021).

Mereka itu dari Asosiasi Angkutan Batubara di Kabupaten Tapin dan Kabupaten HSS (Hulu Sungai Selatan), serta Asosiasi Kontraktor Batu Bara, memprotes karena Jalan Hauling ditutup.

Massa sempat memadati ruas Jalan Trans Kalimantan, sehingga sempat pula mengakibatkan kemacetan lalu lintas kendaraan arah Banjarmasin menuju kawasan Hulu Sungai dan sebaliknya.

Setelah melalui negosiasi dengan petugas keamanan, massa akhirnya meninggalkan ruas Jalan Trans Kalimantan dan kembali berorasi di Jalan houling atau jalan khusus untuk armada pengangkut batu bara yang ditutup.

Seorang sopir angkutan batu bara, Trubus Santoso, mengatakan, tuntutan massa adalah meminta pembukaan kembali Jalan Hauling yang telah ditutup selama tiga minggu terakhir.

Baca Juga: Investor Asing Hengkang, Iklim Investasi Hulu Migas Indonesia Dinilai Kurang Menarik

"Kami tidak peduli dengan permasalahan antara PT AGM dan TCT yang membuat Jalan Hauling ditutup. Kami hanya minta Jalan hauling tersebut dibuka. Karena, di situlah kami mencari nafkah," jelasnya.

Masih kata Trubus, terkait massa sempat ke ruas Jalan Trans Kalimantan, menurutnya hanya reaksi spontan karena terpancing emosi dan lapar.

"Itu spontanitas saja. Tidak ada rencana ke jalan nasional. Maklum, faktor emosi dan lapar," lanjutnya.

Editor: Yudho Winarto
Terbaru