Lawan rentenir, Bandung luncurkan kredit melati

Selasa, 05 Mei 2015 | 18:24 WIB Sumber: Kompas.com
Lawan rentenir, Bandung luncurkan kredit melati

ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di kantor cabang Bank Mandiri Kemayoran Jakarta, Rabu (14/12/2022). Bank Mandiri (BMRI) Jaga Bisnis Ritel Tumbuh Hingga 12% per Tahun.


BANDUNG. Pemerintah Kota Bandung melalui Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Kota Bandung meluncurkan program Kredit Melati. Menurut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, sesuai namanya, kredit bunga ringan ini diberikan kepada warga Kota Bandung untuk melawan rentenir.

"Melati itu singkatannya melawan rentenir. Launching Rabu depan, sosialisasi seminggu ini," kata Ridwan di Balai Kota Bandung, Selasa (5/5).

Pria yang kerap disapa Emil itu menambahkan, warga Kota Bandung bisa mengajukan kredit untuk usaha kecil dengan batasan Rp 500.000 hingga Rp 30 juta dengan syarat mengajukan berupa KTP, Kartu Keluarga dan surat keterangan menikah.

"Kalau ada jaminan, barang rumah tangga aja. Kalau persyaratan lengkap cair satu hari," ungkapnya.

Agar pinjaman bisa dirasakan oleh seluruh warga Kota Bandung, Emil menerapkan sistem jemput bola.

"Jadi nanti ada tim marketing kaya tim rentenir juga, mereka mendatangi langsung kepada para pedagang kaki lima ibu-ibu rumah tangga yang mau usaha," imbuhnya.

Soal pengawasan agar tidak terjadi kredit macet, Pemkot menerapkan sistem tanggung renteng untuk peminjam kelompok.

"Kalau perorangan ada mekanisme menabung. Sambil dapat kredit, dia menabung. Kalau ada apa-apa tabungannya yang diambil," tandas Emil. (Putra Prima Perdana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan

Terbaru