Layangan selebar 50 cm tersangkut di pesawat Citilink yang hendak mendarat

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 13:25 WIB Sumber: Kompas.com
Layangan selebar 50 cm tersangkut di pesawat Citilink yang hendak mendarat

ILUSTRASI. Ilustrasi pesawat Citilink. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nz.


MASKAPAI PENERBANGAN - YOGYAKARTA. Sebuah insiden dialami oleh pesawat Citilink. Layangan yang memiliki lebar sekitar 50 sentimeter tersangkut di landing gear pesawat Citilink. Beruntung, pesawat itu masih bisa mendarat di Bandara International Adisutjipto Yogyakarta. Peristiwa ini diketahui setelah pesawat mendarat di bandara tersebut.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama membenarkan peristiwa itu. "Iya, kemarin saya mendapat laporan dari Citilink," ujar Agus saat dikonfirmasi, Sabtu (24/10/2020). 

Adapun layangan yang tersangkut pesawat itu terjadi pada Jumat (23/10/2020) sekitar pukul 16.48 WIB. 

Pesawat awalnya berangkat dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Bandara International Adisutjipto, Yogyakarta. Saat akan tiba di Bandara Adisutjipto, pilot melihat banyak layangan. 

Baca Juga: Pendiri Lion Air Kabarnya Siap Merilis Maskapai Baru

"Saat di final approach, ketinggian kira-kira 1.000 feet, itu kira-kira areanya di fly over Janti agak ke barat lagi, kira-kira ketinggian 200 meter. Memang pilot melihat banyak layang-layang di sana," ucap Agus. 

Pilot kemudian melaporkan ke petugas tower Bandara Adisutjipto bahwa banyak layangan. "Tapi, kan sulit dihindari, karena di situ kan lintasan pesawat, dari tower juga sudah mengingatkan. Nah, ternyata pada saat mendarat ditemukan layang-layang menyangkut," kata dia. 

Baca Juga: Layangan bikin Garuda Indonesia keluar ongkos lebih dari Rp 50 juta, ini alasannya

Menurut Agus, layang-layang tersebut menyangkut di landing gear sebelah kiri pesawat Citilink. Pesawat itu membawa 54 penumpang. "Menyangkut di landing gear sebelah kiri, layang-layangnya cukup besar," kata Agus.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru