Nilai Investasi Groundbreaking ke-7 di Ibu Kota Nusantara (IKN) Capai Rp 4 Triliun

Jumat, 09 Agustus 2024 | 22:25 WIB Sumber: Kompas.com
Nilai Investasi Groundbreaking ke-7 di Ibu Kota Nusantara (IKN) Capai Rp 4 Triliun

ILUSTRASI. Groundbreaking ke-7 di Ibu Kota Nusantara (IKN) mencatatkan nilai investasi yang signifikan, yaitu lebih dari Rp 4 triliun. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Pada pertengahan Agustus 2024, pelaksanaan peletakan batu pertama (groundbreaking) ke-7 di Ibu Kota Nusantara (IKN) mencatatkan nilai investasi yang signifikan, yaitu lebih dari Rp 4 triliun.

Groundbreaking ini melibatkan empat perusahaan besar yang akan memulai proyek pembangunan di IKN, menunjukkan komitmen investasi yang kuat untuk pengembangan ibu kota baru Indonesia.

Perusahaan-Perusahaan yang Terlibat

Empat perusahaan yang berpartisipasi dalam groundbreaking ke-7 ini meliputi:

  1. PT Bank Central Asia Tbk (BCA)
  2. PT Intiland Development Tbk
  3. Swiss-Belhotel
  4. Royal Golden Eagle (RGE) Group

Baca Juga: Istana Garuda Tak Hanya Jadi Landmark Baru IKN, Tapi Juga Kebanggaan Masyarakat

Proyek-Proyek yang Direncanakan

  • PT Bank Central Asia Tbk (BCA) akan membangun kantor di IKN.
  • Swiss-Belhotel dan Royal Golden Eagle (RGE) Group akan membangun hotel.
  • PT Intiland Development Tbk akan melaksanakan pembangunan mixed use development serta rumah tapak komersil.

Detail Investasi

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN (OIKN), Agung Wicaksono, mengungkapkan bahwa total nilai investasi untuk groundbreaking ke-7 diperkirakan melebihi Rp 4 triliun.

“Nilainya cukup signifikan untuk nilai investasinya ini. Nanti detailnya ada tapi totalnya mungkin di atas Rp 4 triliun untuk groundbreaking ke-7,” kata Agung Wicaksono pada acara yang digelar di Hotel Nusantara, IKN, pada Jumat (9/8/2024).

Groundbreaking ke-7 ini juga menandai sebuah langkah penting, yaitu penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) pemanfaatan lahan oleh keempat perusahaan tersebut. Ini merupakan perbedaan utama dari groundbreaking sebelumnya yang belum mencakup penandatanganan PKS.

Baca Juga: Menko Airlangga Bakal Ikut Upacara HUT RI Ke-79 di IKN

Total Investasi hingga Saat Ini

Sebelum groundbreaking ke-7, total nilai investasi dari groundbreaking IKN pertama hingga ke-6 telah mencapai sekitar Rp 51,4 triliun. Dengan penambahan investasi dari groundbreaking ke-7, total nilai investasi diharapkan mendekati Rp 60 triliun.

“Dengan groundbreaking ke-7 ini, total investasi di IKN mungkin akan mendekati Rp 60 triliun, mudah-mudahan,” pungkas Agung Wicaksono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru