OJK bangun kantor anyar di Surabaya guna perkuat ekonomi daerah

Minggu, 10 Oktober 2021 | 07:20 WIB   Reporter: Ferrika Sari
OJK bangun kantor anyar di Surabaya guna perkuat ekonomi daerah

Pencanangan pembangunan gedung OJK di Surabaya.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memperkuat perannya dalam memberikan perlindungan terhadap konsumen serta mendukung pengembangan perekonomian di daerah dengan memperkuat keberadaan kantor OJK di daerah.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam peresmian pembangunan Gedung Kantor OJK Regional 4 Provinsi Jawa Timur yang terletak di Jalan Gubernur Suryo No. 28-30, Kota Surabaya.

Seremonial pembangunan gedung Kantor OJK Regional 4 dihadiri Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia, Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Walikota Surabaya Eri Cahyadi. Kegiatan tersebut juga dihadiri secara virtual oleh Pimpinan dan Anggota Komisi XI DPR RI serta Anggota Dewan Komisioner beserta seluruh pegawai OJK.

“Hadirnya gedung kantor OJK secara mandiri ini diharapkan akan semakin menguatkan sinergi yang kolaboratif dan koordinatif dari seluruh pemangku kepentingan dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur,“ kata Wimboh dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (9/10).

Pada kesempatan tersebut, Khofifah menyampaikan apresiasi kepada otoritas karena berkomitmen untuk membangkitkan perekonomian nasional terutama di Jawa Timur. Salah satunya dengan mendukung pengembangan UMKM di daerah.

Baca Juga: OJK dorong vaksinasi Covid-19 massal di daerah

Sementara itu, Indah berharap peresmian gedung tersebut dapat meningkatkan kinerja OJK dalam mengatur, mengawasi industri jasa keuangan. Salah satu yang terpenting adalah melindungi konsumen dan masyarakat di tengah maraknya penipuan atau pinjaman online ilegal.

Gedung kantor OJK Regional 4 didesain dengan memberikan sentuhan budaya, kearifan lokal, dan semangat perjuangan khas Jawa Timur. Fasad bangunan akan dilengkapi dengan curtain wall dan kaca ramah energi, yang menunjukkan modernitas kekinian dan futuristik.

Rancangan Gedung juga ramah lingkungan dan ditargetkan mendapatkan sertifikat Gold untuk kriteria New Building dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Hal ini bentuk komitmen OJK untuk mendukung pembangunan ekonomi hijau yang ramah lingkungan.

Rencananya, gedung ini memiliki sepuluh lantai dan ditargetkan selesai pada April 2022. Tahun ini OJK juga sedang membangun gedung kantor OJK KR 7 Sumatera Bagian Selatan di Palembang dan gedung kantor OJK provinsi Maluku di Ambon.

 

Selanjutnya: Begini strategi pemain dompet digital di tengah persaingan pasar yang ketat

 

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru