Bangun Wirausaha Muda Pertanian, Kementan Lakukan Harmonisasi Pusat dan Daerah

Minggu, 19 Februari 2023 | 11:26 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Bangun Wirausaha Muda Pertanian, Kementan Lakukan Harmonisasi Pusat dan Daerah

Rakor dibuka Direktur Program YESS, Idha Widi Arsanti di Surabaya (tengah) didampingi Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana dan Project Manager Program YESS, Inneke Kusumawati (kanan).


AGRIBISNIS -  JAKARTA. Pengembangan pertanian berkelanjutan terus diupayakan Kementerian Pertanian (Kementan) melalui sejumlah program dan terobosan di antaranya Youth Entrepreneurship and Employment Support Services Programme (Program YESS). 

Kegiatan program menjalin harmonisasi pusat dengan daerah, untuk mendorong generasi milenial membangun pertanian di daerahnya.

Komitmen tersebut mengemuka pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kegiatan Program YESS untuk PPIU Jawa Timur tahun 2023, yang berlangsung tiga hari, 16 - 18 Februari di Surabaya dan dibuka oleh Direktur Program YESS, Idha Widi Arsanti.

Rakor digelar Polbangtan Malang selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Provinsi Jawa Timur, sejalan instruksi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebagai pertemuan yang bertujuan menyatukan hati dan emosional, untuk bertekad mengawal bangsa dan kehidupan rakyat.

Baca Juga: Lewat Korporatisasi Petani, MenkopUKM Ingin Hilangkan Peran Tengkulak

Rakor dibuka Direktur Program YESS, Idha Widi Arsanti, yang juga Kepala Pusat Pendidikan Pertanian BPPSDMP Kementan (Kapusdiktan) menekankan tentang penguatan kelembagaan pendidikan atau pelatihan untuk menyiapkan generasi milenial mencintai pertanian.

“Kita harus ber-progres untuk melaksanakan perbaikan-perbaikan yang ada di lapangan karena Jawa Timur ini adalah yang terbaik," katanya Kapusdik yang akrab disapa Santi dalam siaran pers, Sabtu (18/2).

Sejumlah kepala dinas pertanian (Kadistan) pada kabupaten wilayah pelaksanaan Program YESS, Badan Pelaksana Pembangunan Daerah (Bappeda), Koordinator District Implementation Team (DIT), Manajemen National Project Management Unit (NPMU), Business Development Service Providers (BDSP).

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana menyambut baik kegiatan Rakor di awal 2023, sehingga diharapkan bisa menjadi tongkat estafet awal di dalam peyusunan Program YESS PPIU Jatim.

Baca Juga: Begini Penjelasan BPH Migas Soal Kelompok yang Diusulkan Berhak Konsumsi Pertalite

"Dapat tersusunnya stategi dan timeline Program YESS PPIU Jatim, sinergi Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) pada empat wilayah sasaran Program YESS, serta adanya strategi dan timeline pembentukan klinik inkubator atau konsultasi agribisnis bagi BDSP.

Setya BU berharap Rakor 2023 kian meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi pusat dan daerah akan semakin baik menciptakan harmonisasi Program YESS dalam mencapai output bahkan outcome yang diharapkan.

"Kehadiran kepala dinas pertanian kabupaten dan koordinator DIT merupakan bukti keseriusan pemerintah daerah mendukung Program YESS, sekaligus akan mendongkrak semangat pelaksana serta penerima manfaat program di masing-masing kabupaten untuk selalu bekerja dan berusaha lebih baik," kata Setya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru