PDI-P & Gerindra sepakat tak dukung independen

Senin, 04 Juli 2016 | 22:36 WIB Sumber: Kompas.com
PDI-P & Gerindra sepakat tak dukung independen


JAKARTA. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) bersama Partai Gerindra sepakat tidak akan mendukung calon perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Hal ini diputuskan seusai DPD PDI-P DKI Jakarta pada buka puasa bersama DPD Gerindra di Restoran Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (4/7) petang.

"Intinya soal penguatan partai dan kedua kami sepakat tidak mendukung calon perseorangan," kata Sekretaris DPD PDI-P DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.

Keputusan lainnya, kata Prasetio, DPD PDI-P dan DPD Partai Gerindra menyerahkan kepada pengurus pusat masing-masing partai untuk mengusung figur yang layak memimpin Jakarta. Baik PDI-P maupun Gerindra telah melakukan penjaringan bakal calon gubernur. Nantinya keputusan akan diserahkan kepada masing-masing ketua umum.

"Ya bagaimana Bu Mega (Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri) dan Pak Prabowo (Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto) komunikasinya. Kami serahkan ke DPP masing-masing," kata Ketua DPRD DKI Jakarta itu.

Ia memastikan bakal calon gubernur yang akan diusung PDI-P dan Gerindra adalah tokoh yang mendaftar melalui partai politik. Selain itu, tokoh yang diusung harus memiliki etika. "Karena bukan apa, pemimpin Jakarta kan juga jadi contoh anak-anak kita. Bagaimana bahasa yang baik, kinerja yang baik, semua harus berimbang," kata Prasetio.

Meski demikian keputusan berkoalisi antar dua partai politik ini tetap berada di tangan Megawati serta Prabowo. Jika berkoalisi, kedua partai politik ini akan mengumpulkan sebanyak 43 kursi di DPRD DKI Jakarta. Sehingga kedua partai itu dapat mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

Sedangkan tiga partai politik, yakni Nasdem, Hanura, dan Golkar telah menyatakan dukungan mereka kepada calon petahana Basuki Tjahaja Purnama yang berencana maju melalui jalur perseorangan. (Kurnia Sari Aziza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru