Pelindo I siap layani angkutan Natal & tahun baru

Selasa, 22 Desember 2015 | 22:09 WIB Sumber: Antara
Pelindo I siap layani angkutan Natal & tahun baru


MEDAN. PT Pelabuhan Indonesia I menyatakan siap melayani seluruh Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 di wilayah kerja kawasan pelabuhan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

"Kesiapan tersebut dilakukan setelah mengadakan pemantauan pada delapan cabang pelabuhan dan tiga kawasan pelabuhan milik Pelindo 1, yakni Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, dan Tanjung Balai Asahan," kata Humas PT Pelindo 1, M Eriansyah di Medan, Selasa.

Kemudian, Bengkalis, Selat Panjang, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan dan Sei Kolak Kijang di Bintan Kepulauan Riau.

"Kunjungan kapal penumpang juga akan mendapatkan prioritas sandar di terminal penumpang dan di luar terminal penumpang, dan jika ada kunjungan kapal secara bersamaan," ujar Eriansyah.

Dia menjelaskan, penyiapan fasilitas pendukung di seluruh terminal penumpang milik Pelindo 1 juga terus dilakukan, yang mencakup Embarkasi dan Debarkasi, Bongkar Muat operasional, serta keamanan dengan tim monitoring, gedung terminal penumpang dan ruang pengantar penjemput, serta ruang informasi, lapangan parkir kendaraan pengantar.

Eriansyah mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan arus barang sembako di pelabuhan, juga telah dipersiapkan fasilitas pelabuhan antara lain kesiapan dermaga, sispro (Sistem dan Prosedur) pelayanan kapal sembako, gudang dan lapangan penumpukan.

Peralatan bongkar muat, tenaga operasional di lapangan dan kesiapan informasi dan teknologi (IT).

"Fasilitas umum tambahan juga akan disiapkan seperti tenda, toilet, dan media informasi kepada penumpang, pengantar/penjemput seperti sound system, spanduk, banner, serta leaflet informasi," katanya.

Dia menambahkan, selama tahun 2015 ini, Pelindo 1 juga telah melakukan pembenahan terhadap terminal penumpang yang dikelola, seperti penambahan fasilitas Automatic Gate di Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

Setiap penumpang kapal yang akan naik ke atas kapal, harus melalui Automotic Gate dan tiket kapal juga di scan, sehingga para penumpang kapal tidak bisa mempergunakan tiketnya kepada penumpang yang lain untuk naik ke atas kapal.

Bahkan, dalam waktu dekat, Pelindo 1 juga akan memasang fasilitas Garbarata di Pelabuhan Belawan. Garbarata ini akan mempermudah penumpang KM Kelud yang akan naik maupun turun dari kapal sehingga para penumpang tidak perlu melintasi dermaga pelabuhan lagi.

Untuk memonitoring Angkutan Natal dan Tahun Baru akan dibentuk posko dan tim pemantau kesiapan pelayanan di setiap cabang pelabuhan merupakan posko bersama.

Beranggotakan Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan, Pelindo 1, Polri, TNI AL, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi, dan Kesehatan Pelabuhan.

"Tim tersebut bertugas memantau kegiatan Embarkasi dan Debarkasi, bongkar muat barang, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, kegiatan pusat pengendalian trafik dan pusat informasi serta pelaporan," kata juru bicara PT Pelindo 1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan

Terbaru