Pelindo II akan perdalam Pelabuhan Cirebon

Senin, 23 November 2015 | 19:24 WIB Sumber: Antara
Pelindo II akan perdalam Pelabuhan Cirebon


JAKARTA. Pelindo II Cabang Cirebon, Jawa Barat, berencana memperdalam pelabuhan Cirebon agar kapal yang berukuran besar bisa berlabuh, mengingat pelabuhan tersebut akan dijadikan pelabuhan internasional dan kedalaman sekarang baru 5,5 meter.

General Manajer Pelindo II Cabang Cirebon Hudadi Soerja Djanegara mengatakan, rencana memperdalam pelabuhan merupakan satu paket dengan perluasan pelabuhan, dimana pelabuhan akan diperluas pada tahap awal hingga 50 hektare dan kedalamannya juga akan ditambah.

"Kedalaman pelabuhan Cirebon sekarang sekitar 5,5 meter dan ke depan direncanakan akan lebih didalamkan lagi agar kapal-kapal yang besar bisa bersandar," kata Hudadi, Senin (23/11).

Menurutnya, laut Cirebon itu landai dan jika ingin mencari kedalaman itu sampai 10 hingga 12 mill baru mendapat kedalaman dan pihaknya akan memperdalam pelabuhan dengan mengeruk.

"Kalau mau mencari kedalaman di Pelabuhan Cirebon itu sangat jauh sekitar 10 sampai 12 mill baru dalam," ujarnya.

Ia menuturkan jika kedalaman sekarang kapal yang bersandar baru kapal kecil yang memuat 200 kontener padahal menurut dia kapal yang ada sekarang sudah berukuran besar yaitu kapal yang memuat 9000 hingga 10.000 kontener.

"Kalau sudah dalam nanti kapal yang bersandar bisa membawa 9000 sampai 10.000 kontener," tuturnya.

Kedalaman sangat diperlukan untuk menunjang pelabuhan ketika ingin dijadikan Pelabuhan Internasional dan sekarang ini pihak Pelindo II akan memperluas hingga 50 hektare dimana sekarang Pelabuhan tersebut baru 47 hektare.

"Tahap awal perluasan mencapai 50 hektare yang akan dikerjakan tahun depan untuk itu kami berharap rencana induk pembanguan atau RIP segera selesai," kata Hudadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Havid Vebri

Terbaru