Penumpang kapal di Batam diprediksi akan naik akibat mahalnya tiket pesawat

Kamis, 16 Mei 2019 | 16:40 WIB Sumber: TribunNews.com
Penumpang kapal di Batam diprediksi akan naik akibat mahalnya tiket pesawat


MUDIK LEBARAN - BATAM. Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Khusus Batam memprediksi lonjakan penumpang yang mudik Lebaran 2019 menggunakan kapal laut meningkat 7% dari tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan tingginya harga tiket pesawat, sehingga membuat pemudik beralih menggunakan kapal laut.

Kepala KSOP Kelas I Khusus Batam Capt. Barlet mengatakan peningkatan ini sudah terlihat sejak awal Ramadan, dan diperkirakan menjelang hingga H-3 perayaan Idul Fitri jumlah pemudik akan terus meningkat.

"Kami prediksikan di 2019 jumlah penumpang naik hingga 275.638 penumpang atau naik 7% dari tahun sebelumnya yang mencapai di angka 257.606 penumpang," kata Barlet, Kamis (16/5).

Untuk masing-masing rute mudik, setiap terminal memiliki rute yang berbeda-beda. Ia mencontohkan terminal domestik Sekupang yang memiliki trayek mulai dari antar kabupaten hingga antar provinsi.

Seperti Batam-Tanjungbalai Karimun, Batam-Tanjungpinang, Batam-Tanjungbatu, Batam-Moro, dan Batam-Pulau Buruh. Sementara yang antar provinsi, yakni Batam-Selat Panjang, Batam-Sei Guntung, Batam-Bengkalis, Batam-Dumai dan Batam-Tembilahan.

Untuk terminal domestik Telaga Punggur, trayek yang tersedia lebih ke antar kabupaten yang ada di Kepulauan Riau seperti Batam-Tanjungpinang, Batam-Dabo, Batam-Tanjunguban, Batam-Lagoi/Lobam, Batam-Moro dan Batam-Lingga.

"Sedangkan untuk terminal Khusus Pelni Batu Ampar, trayeknya antar provinsi namun hanya ada dua trayek, Belawan Medan dan Tanjung Priok," jelas Barlet. Terakhir terminal domestik Harbour Bay yang hanya melayani trayek Batam-Tanjungbalai Karimun.

Sementara untuk penumpang yang ingin mudik membawa kendaraan pribadi, bisa menggunakan terminal penyebrangan Ro-Ro Telaga Punggur dengan rute Batam-Tangjunguban, Batam-Tanjungbalai Karimun, dan Batam-Dabo Singkep Lingga. "Untuk trayek provinsinya, ada Batam-Kuala Tungkal dan Batam-Buton," pungkas Barlet. (Fajar Anjungroso)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Penumpang Kapal di Batam akan Naik akibat Mahalnya Tiket Pesawat"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru