Jabodetabek

Pramono Anung Janji Gratiskan LRT, MRT untuk 15 Golongan Jika Jadi Gubernur Jakarta

Senin, 30 September 2024 | 14:23 WIB   Reporter: kompas.com
Pramono Anung Janji Gratiskan LRT, MRT untuk 15 Golongan Jika Jadi Gubernur Jakarta

ILUSTRASI. Bakal Calon Gubernur Jakarta Pramono Anung melakukan sesi wawancara khusus dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra di Studio Tribun Network, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2024). Dalam wawancara tersebut, Pramono Anung menjelaskan tentang proses penunjukan dirinya dari PDIP untuk maju dalam Pilkada Jakarta. TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN


PILKADA - JAKARTA. Calon gubernur (cagub) Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung ingin menggratiskan tarif Lintas Raya Terpadu (LRT) dan Mass Rapid Transit (MRT) untuk 15 golongan tertentu jika menang Pilkada 2024.  

"Kalau saya diberikan amanah, saya akan bebaskan 15 golongan yang sekarang ini sudah naik TransJakarta gratis, mereka juga akan gratis naik MRT dan LRT," ucap Pramono Anung dalam acara Idea Fest 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (29/9/2024).

 Ke-15 golongan yang akan mendapat tarif gratis LRT dan MRT itu, di antaranya, pegawai negeri sipil Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta, tenaga kontrak yang bekerja di Pemprov Jakarta, lalu pemilik Kartu Jakarta Pintar (KJP). Kemudian, karyawan swasta yang digaji sesuai dengan UMP melalui Bank DKI, penghuni rumah susun sederhana sewa (rusunawa), tim penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan, dan lansia. 

Selanjutnya, penyandang disabilitas, anggota veteran Republik Indonesia, penerima program Raskin (Beras untuk Keluarga Miskin), penduduk pemilik KTP Kepulauan Seribu, marbut, pendidik dan tenaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Larva Monitor, dan anggota TNI atau Polri.

Baca Juga: Raendi Rayendra Janji Beri Rp 100 Juta per RW Jika Menang Pilkada Bogor 2024

Dengan menggratiskan biaya transportasi umum untuk sejumlah golongan tertentu, Pramono berharap, kemacetan di Jakarta dapat berkurang. 

Diharapkan pula, biaya hidup masyarakat Jakarta dapat ditekan.  

"Ini secara langsung akan mengurangi biaya hidup dan sekaligus akan mengurangi kemacetan. Inilah yang harus dilakukan untuk memperbaiki Jakarta," ucap Pramono. 

Meski sebentar lagi kehilangan status sebagai ibu kota negara, kata Pramono, Jakarta akan tetap menjadi episentrum perpolitikan nasional. 

Dengan tingginya mobilitas masyarakat, Jakarta membutuhkan sarana transportasi yang memadai.

Seperti diketahui, Pilkada Jakarta 2024 diramaikan oleh tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. 

Nomor urut 1, calon yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Ridwan Kamil-Suswono. Nomor urut 2, calon independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana. 

Sementara, nomor urut 3 ada pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan, Pramono Anung dan Rano Karno. Adapun masa kampanye Pilkada 2024 resmi dimulai pada 25 September 2024. 

Kampanye akan berlangsung selama 75 hari hingga 23 November 2024. Sementara, hari pemungutan suara akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada 27 November 2024.

Baca Juga: KPU Jakbar Siapkan Lokasi TPS Cadangan Untuk Antisipasi Banjir

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jika Jadi Gubernur Jakarta, Pramono Anung Janji Gratiskan LRT dan MRT untuk 15 Golongan ", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/09/30/14120601/jika-jadi-gubernur-jakarta-pramono-anung-janji-gratiskan-lrt-dan-mrt.

Selanjutnya: Restitusi Pajak Korporasi Diperkirakan Berlanjut Hingga Akhir Tahun

Menarik Dibaca: Promo Superindo Hari Ini 30 September-3 Oktober 2024, Mangga Harum Manis Diskon 40%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru