Pramono Anung Menundurkan Diri, Bertugas jadi Seskab Sampai 22 September

Minggu, 08 September 2024 | 07:45 WIB Sumber: Kompas.com
Pramono Anung Menundurkan Diri, Bertugas jadi Seskab Sampai 22 September

ILUSTRASI. Bakal calon gubernur Jakarta, Pramono Anung, masih bertugas sebagai sekretaris kabinet (Seskab) sampai 22 September 2024. TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN


PILKADA - JAKARTA. Bakal calon gubernur Jakarta, Pramono Anung, masih bertugas sebagai sekretaris kabinet (Seskab) sampai 22 September 2024. 

Permohonan Pramono Anung mundur dari jabatannya per 22 September 2024 sesuai dengan jadwal penetapan pasangan calon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta. 

"Sudah saya sempaikan bahwa saya secara resmi sudah menghadap Bapak Presiden dan juga Menteri Sekretaris Negara. Sebagai Menteri Sekretaris Kabinet kan bekerjanya nempel ke presiden, tidak bisa meninggalkan begitu saja, tetapi saya sudah menyampaikan tanggal 22 September, karena itu adalah waktu ketika pasangan gubernur dan wakil gubernur itu ditetapkan KPUD," kata Pramono di Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (7/9). 

Baca Juga: Risma-Pramono Mundur, Terbuka Reshuffle Kabinet

Namun, sebelum resmi mengundurkan diri, Pramono akan bertanggung jawab menyelesaikan tugasnya sebagai Sekretaris Kabinet termasuk mendampingi Presiden Joko Widodo rapat di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 11 September 2024. 

"Tetapi saya sampai dengan tanggal 22 September masih harus bekerja seperti biasa. Contohnya tanggal 11, Presiden masih sidang Kabinet Paripurna di IKN, saya harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya termasuk laporan risalah dan sebagainya," ujar Pramono. 

Sebelumnya diberitakan, surat pengunduran diri Pramono Anung telah diterima oleh Presiden Joko Widodo pada 2 September 2024. 
Presiden Jokowi belum menandatangani surat pengunduran diri tersebut. 

Karena permohonan mundur per tanggal 22 September 2024, penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) yang ditandatangani Jokowi pun akan disesuaikan dengan jadwal permohonan Pramono. 

Baca Juga: Pramono Anung Sebut Hubungannya dengan Prabowo Sangat Baik

Pramono Anung dan Rano Karno maju sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024. 

Pasangan calon yang diusung PDI-P itu akan bersaing dengan Ridwan Kamil-Suswono dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana. 

Ridwan Kamil dan Suswono diusung 13 partai politik yaitu Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, NasDem, PSI, PKB, Gelora, PBB, Perindo, PAN, PPP, dan Garuda. 
Sementara itu, Dharma Pongrekun dan Kun Wardana maju pada Pilkada Jakarta 2024 sebagain calon independen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Mengundurkan Diri, Pramono Anung Bertugas sebagai Seskab sampai 22 September"

Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/09/07/15084661/mengundurkan-diri-pramono-anung-bertugas-sebagai-seskab-sampai-22.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru