Prihatin harga ayam murah, peternak bagi-bagi 5.000 ayam gratis

Kamis, 27 Juni 2019 | 13:52 WIB Sumber: Kompas.com
Prihatin harga ayam murah, peternak bagi-bagi 5.000 ayam gratis


AGRIBISNIS - YOGYAKARTA. Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (Apayo) akan membagikan 5.000 ayam secara gratis kepada masyarakat. 

Aksi ini sebagai bentuk keprihatinan atas kondisi peternak ayam di DIY yang merugi karena harga murah. 

"Tanggal 26 Juni kita akan bagi-bagi ayam gratis untuk masyarakat," ujar Hari Wibowo, ketua Apayo saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/06). 

Bagi-bagi ayam gratis ini akan dilakukan di empat titik, yakni Bali Kota Yogyakarta, Kridosono, parkiran depan Taman Pintar dan Alun-alun Utara. Aksi bagi-bagi ayam gratis ini dimulai siang hari sekitar pukul 14.00 WIB. 

Hari menyampaikan total ada sekitar 5.000 ekor yang akan dibagikan secara gratis untuk masyarakat. Aksi tersebut digelar sebagai bentuk keprihatinan para peternak ayam di Yogyakarta atas harga yang murah. 

"Ya, daripada dijual murah dan masyarakat tidak bisa menikmatinya, mending dibagi gratis saja. Saya ingin menggugah masyarakat kalau peternak itu merugi," katanya. 
Dijelaskannya, harga ayam di pasar Rp 29.000/Kg hingga Rp 30.000/Kg. Padahal pedagang membeli ayam dari peternak Rp 7.000/Kg hingga Rp 8.000 /Kg. 

"Harusnya kalau per kilo harga ayam hidup segitu, karkasnya dikalikan satu setengah, ya idealnya Rp 14.000 atau Rp 15.000. Tapi ternyata ini Rp 30.000/Kg itu kan di luar nalar," tegasnya. 

Kondisi tersebut, lanjutnya, sudah terjadi sejak bulan September 2018. Imbasnya peternak ayam di Yogyakarta merugi cukup besar. 

Bahkan sebagian peternak tidak berani memelihara ayam karena takut usahanya merugi. 

Menurutnya, peternak biasanya memelihara ayam sekitar 3.000 ekor sampai 5.000 ekor. Rata-rata setiap ekornya peternak rugi sampai Rp 20.000. 

"Saya juga heran, kenapa pedagang tidak mau menaikkan harga, padahal di pasar harganya tinggi. Ya, idealnya Rp 18.000 hingga Rp 20.000, itu peternak untung," tandasnya. 

Hari menuturkan, pihaknya telah menyampaikan surat ke Dinas Pertanian DIY terkait kondisi para peternak ayam di Yogyakarta. Harapannya dinas bisa memberikan solusi atas kondisi yang dialami oleh peternak ayam di Yogyakarta. 

"Saya sudah layangkan surat mengenai kondisi ini ke Dinas Pertanian. Ya, seharusnya dinas perdagangan juga membuat aturan harga ideal dan maksimal, karena yang bisa mengatur dinas," pungkasnya. (Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Prihatin Harga Ayam Murah, Peternak Bagi-bagi 5.000 Ayam Gratis"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru