Jawa Timur

Proyek Bendungan Tukul di Pacitan menelan biaya Rp 916 miliar

Minggu, 14 Februari 2021 | 13:57 WIB   Reporter: Lidya Yuniartha
Proyek Bendungan Tukul di Pacitan menelan biaya Rp 916 miliar

ILUSTRASI. Aktivitas pembangunan Waduk Tukul di Karanggede, Pacitan, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/ama/17.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tukul yang terletak di Desa Tukul, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur, Minggu (14/2). Dia menyebut, proyek ini sudah mulai dibangun sejak 6 tahun lalu dengan biaya Rp 916 miliar.

"Alhamdulilah pada siang hari ini Bendungan Tukul yang telah dimulai 6 tahun yang lalu, dengan biaya tadi ibu Gubernur sudah menyampaikan Rp 916 miliar, hari ini sudah selesai dan siap difungsikan," ujar Jokowi seperti yang dikutip Kontan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (14/2).

Menurut Jokowi, Bendungan Tukul ini akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Dia menyebut, bendungan ini bisa berperan penting dalam pengendalian banjir hingga penyediaan air baku.

Menurutnya, bendungan ini bisa menyediakan air baku kurang lebih 300 liter per detik dan memiliki kapasitas tampung hingga 8,7 juta meter kubik. Dia menyebut, bendungan ini bisa bermanfaat pada 600 hektare sawah dan meningkatkan indeks pertanaman.

Baca Juga: Jokowi resmikan bendungan Tukul di Pacitan

"Bendungan ini bisa memberikan manfaat sangat besar yaitu 600 hektare sawah sehingga meningkatkan indeks pertanaman dari biasanya satu kali tanam  padi dan satu kali tanam palawija menjadi dua kali tanam padi dan satu kali tanam palawija. Insya Allah ini sudah bisa dilihat dan dilakukan," katanya.

Jokowi berharap, dengan adanya Bendungan Tukul ini juga menjadi infrastruktur yang penting dalam memperkuat ketahanan pangan dan ketahanan air. Karenanya, dia meminta agar bendungan ini dimanfaatkan sebaiknya.

"Saya meminta agar pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten betul-betul memanfaatkan infrastruktur ini sebaik-baiknya sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi daerah, memberikan keuntungan bagi masyarakat, meningkatkan produksi pertanian bagi daerah dan juga memudahkan penyediaan air bersih bagi daerah," ujarnya.

Menurut Jokowi, sejak 6 tahun yang lalu, terdapat 65 bendungan yang mulai dibangun di seluruh Indonesia, dimana beberapa diantaranya sudah diresmikan. Tak hanya Bendungan Tukul, Jokowi menyebut akan ada beberapa bendungan yang diresmikan pekan mendatang.

Selanjutnya: Regulasi Tak Mampu Bendung Pandemi, Ekonomi Kian Terhimpit Resesi

 

Editor: Handoyo .
Terbaru