PSBB Jakarta kemungkinan diperpanjang, ganjil genap mengikuti

Sabtu, 18 April 2020 | 07:15 WIB Sumber: Kompas.com
PSBB Jakarta kemungkinan diperpanjang, ganjil genap mengikuti

ILUSTRASI. Kendaraan terjebak kemacetan di kawasan Casablanca, Jakarta, Selasa


KEBIJAKAN PELAT GANJIL GENAP - JAKARTA. Menyusul adanya status Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) di Jakarta untuk meredam penyebaran virus corona ( Covid-19), maka regulasi pembatasan mobil pribadi dengan ganjil genap juga ikut diperpanjang. 

Kepala Dinas Perhubungan ( Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, ganjil genap yang semula akan kembali diterapkan pada 19 April 2020 akan diperpanjang menyesuaikan penetapan PSBB Jakarta. 

Baca Juga: Pelanggaran lalu lintas selama PSBB didominasi pengendara tak memakai masker

"Pada prinspinya aturan yang dikeluarkan gubernur satu paket dengan kebijakan pendukung lainnya, termasuk dari sisi transportasi. Jadi untuk ganjil genap akan dilanjutkan sesuai PSBB atau 23 April mendatang," kata Syafrin kepada Kompas.com, Jumat (17/4). 

Menurut Syafrin, tujuan ganjil genap ditiadakan agar masyarakat bisa menghindari sementara penggunaan transportasi umum guna menghindari risiko penyebaran virus corona. 

Dengan demikian, masyarakat bisa menggunakan kendaraan pribadi yang dinilai lebih aman namun dengan tetap menerapkan prokol yang telah ditentukan. 

Mulai dari pembatasan jumlah penumpang, menggunakan masker, sampai menggunakan kendaraan hanya untuk keperluan pokok dan kegiatan yang dikecualikan dalam PSBB. 

Tak hanya itu, Syafrin menjelaskan perpanjangan masa penghentian sementara ganjil genap di Jakarta bersifat fleksibel. Bisa jadi nantinya akan diteruskan bila memang gubernur memutuskan untuk memperpanjang masa PSBB. 

"Kita lihat nanti seperti apa keputusannya, bila memang arahnya PSBB diperpanjang maka otomatis akan mengikuti," ucap Syafrin. 

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, bila PSBB hampir dipastikan akan diperpanjang. Hal ini lantaran pemberlakuan PSBB selama 14 hari dianggap belum bisa menghentikan laju penyebaran corona. 

"Padahal dalam kenyataannya wabah seperti ini tidak bisa selesai dalam 14 hari. Karena itu hampir pasti PSBB harus diperpanjang," kata Anies yang dilansir dari MegapolitanKompas, Jumat (17/4). 

Baca Juga: Selama PSBB, KRL operasi pukul 05.00-18.00 WIB, penumpang 60 orang per gerbong

Anies mengatakan bila Pemprov sudah memprediksi PSBB akan diterapkan dalam waktu yang lebih lama. Hal ini belajar dari penyebaran di Wuhan, China, yang menjadi asal dari corona. 

"Berapa lamanya, saat ini setahu saya di seluruh dunia belum ada yang bisa selesai. Bahkan di Tiongkok, Wuhan masih menghadapi masalah dan sudah berjalan selama empat bulan." ujar Anies. 

"Sepertinya kami di Jakarta harus menyiapkan periode yang mungkin agak panjang, mudah-mudahan cepat selesai. Kalau cepat selesai, kita leluasa untuk bergerak lagi, kalau panjang kita harus bersiap," kata dia. (Stanly Ravel)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Kemungkinan PSBB Jakarta Diperpanjang, Ganjil Genap Siap Mengikuti"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru