CLOSE [X]

Saat Jajal LRT, Menhub: Kereta Berjalan dengan Mulus

Rabu, 23 Agustus 2023 | 03:56 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Saat Jajal LRT,  Menhub: Kereta Berjalan dengan Mulus


UJI COBA LRT - Pada Selasa (22/8/2023), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kembali mengecek kesiapan layanan Lintas Raya Terpadu Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (LRT Jabodebek) jelang diresmikan.

Melansir Infopublik.id, Budi Karya bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, menaiki LRT dari Stasiun LRT Dukuh Atas menuju Stasiun Halim, dan menggelar rapat koordinasi dengan para pemangku kepentingan. Usai rapat, Menhub melanjutkan perjalanan ke Stasiun LRT Cikoko Cawang.

"Kami menjajal kembali LRT hari ini dan laju kereta berjalan dengan mulus. Saya berhenti di Stasiun LRT Cikoko, disini diproyeksikan akan sangat ramai karena merupakan perlintasan antar moda seperti Transjakarta dan KRL Jabodetabek," ucap Menhub pada Selasa (22/8/2023).

Ia mengatakan, di Stasiun LRT Cikoko itu nantinya Pemprov DKI Jakarta akan membangun sejumlah fasilitas pendukung, di antaranya yaitu fasilitas park and ride.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, peresmian LRT Jabodebek diharapkan dapat dilakukan pada akhir Agustus 2023. 

"Pengoperasian LRT Jabodebek ini nantinya akan dilakukan secara konservatif. Artinya, jumlah perjalanan akan terus ditingkatkan secara bertahap," katanya.

Baca Juga: Ada Perubahan Lagi, LRT Jabodebek Akan Beroperasi Penuh Senin 28 Agustus 2023

LRT Jabodebek memiliki total 27 kereta per train set. Direncanakan, pada tahap awal operasi akan dioperasikan sebanyak 10 hingga 12 kereta/train set, dan akan terus ditingkatkan jumlahnya dengan memerhatikan animo masyarakat. Ditargetkan, pada Oktober 2023 mendatang, kereta telah dioperasikan seluruhnya.

Beroperasi 28 Agustus 2023

Sementara itu, mengutip Kompas.com, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyebut LRT Jabodebek akan beroperasi secara komersial pada 28 Agustus 2023. 

Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI John Robertho mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan LRT Jabodebek pada tanggal tersebut. 

Dia bilang, saat ini KAI selaku operator bersama para pemangku kepentingan tengah melakukan trial run untuk memastikan kesiapan 27 rangkaian LRT Jabodebek secara bertahap. 

"Hari ini kita melakukan trial operation bersama dengan seluruh stakeholder. Hari ini kita mengoperasikan 22 trainset untuk mencapai titik sesuai dengan skenario kita untuk rencana operasi kita pada tanggal 28 ya untuk diresmikan oleh Pak Jokowi," ujarnya di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Senin (21/8/2023). 

Baca Juga: Pemerintah Beri Subsidi Tarif LRT Jabodebek, Berikut Besarannya

Dia mengungkapkan, saat ini masalah yang masih harus diselesaikan ialah sistem operasional yang masih harus disempurnakan agar LRT Jabodebek bisa mengantongi izin kelayakan operasi dari Kementerian Perhubungan sebelum 28 Agustus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru