Sebanyak 4 karyawan Freeport dinyatakan positif Covid-19

Minggu, 28 Juni 2020 | 23:47 WIB Sumber: Kompas.com
Sebanyak 4 karyawan Freeport dinyatakan positif Covid-19

ILUSTRASI. Gambar mikroskop elektron pemindai ini menunjukkan virus corona Wuhan atau Covid-19 (kuning) di antara sel manusia (merah). Sampel virus diambil dari seorang pasien AS yang terinfeksi. Para ahli menambahkan gambar agar lebih tampak.


VIRUS CORONA - TIMIKA. Sebanyak 4 karyawan yang berkerja di PT Freeport Indonesia di wilayah Tembagapura, Mimika, Papua dinyatakan positif Covid-19. Keempat karyawan ini dinyatakan positif Covid-19 pada Minggu (28/6/2020) berdasarkan hasil pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT- PCR).

Juru bicara Covid-19 Mimika Reynold Ubra tidak merincikan apakah 4 karyawan ini merupakan karyawan PT Freeport Indonesia ataukah karyawan kontraktor atau privatisasi.

Meski demikian, menurut Reynold, 4 karyawan ini sebelumnya dari Kota Timika hendak kembali ke tempat kerja di wilayah Tembagapura yang merupakan area operasional PT Freeport Indonesia.

Baca Juga: Soal perpanjangan kontrak, Boy Thohir: Masa Freeport dapat, Adaro tidak? Fair dong

Ketika dilakukan pemeriksaan sesuai dengan protokol atau tata laksana penjaringan kasus, mereka dilakukan rapid test dinyatakan reaktif.

Setelah itu diajukan pemeriksaan dengan RT-PCR dan dinyatakan positif Covid-19. "4 karyawan ini dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan RT-PCR," kata Reynold dalam video conference di Timika, Minggu malam.

Menurut Reynold, pihaknya telah menerima data-data dari tim public health Freeport terkait 4 karyawan yang hendak kembali bekerja ke wilayah Tembagapura namun dinyatakan positif.

Data tersebut akan digunakan tim penyelidikan epidemiologi gugus tugas Mimika untuk melakukan tracing di mana 4 karyawan itu tinggal di Kota Timika.

"Dari tracing itu tentu saja kami melakukan pemeriksaan lebih lanjut, dan melakukan penggalian informasi terkait riwayat kontak dengan kasus," ujar Reynold.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru