Sebanyak 70 desa di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, terendam banjir

Sabtu, 06 Februari 2021 | 21:28 WIB Sumber: Kompas.com
Sebanyak 70 desa di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, terendam banjir

ILUSTRASI. Banjir Kendal. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/ama/16


KONTAN.CO.ID - KENDAL. Hujan yang turun sejak Jumat (5/2/2021) menyebabkan 70 desa di 12 kecamatan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, terendam banjir dengan ketinggian hingga 90 cm. Daerah yang terkena banjir dia antaranya Desa Bangunsari, Desa Kumpulrejo, Desa Kebonharjo, Desa Lanji, Desa Pidodokulon, dan Desa Pidodowetan. 

Selain banjir, sejumlah desa juga mengalami longsor. Lima daerah tersebut yaitu tanggul Sungai Bodri di Desa Sedayu, tanggul sungai yang juga sebagai jalan Desa Sukomulyo, pondasi SD Desa Kutoharjo, jalan Desa Kalibareng, dan tanah longsor di Desa Mojoagung. 

Baca Juga: Cuaca besok di Jawa dan Bali: Semarang berawan, Yogyakarta hujan sedang

“Selain longsor dan banjir, juga ada rumah roboh di RT 02 RW 01 Desa Karangdowo Kecamatan Weleri atas nama Bapak Jambari,” kata Pelaksana Harian Kepala BPBD Kendal, Sigit Sulistyo, Sabtu (6/02/2021). 

Sigit meminta kepada masyarakat Kendal agar tetap waspada. Berdasarkan sumber BMKG Jawa Tengah, peringatan dini cuaca ekstrem di Wilayah Kabupaten Kendal diprediksi terjadi pada 6–7 Februari 2021. “Seluruh wilayah Kabupaten Kendal terjadi hujan intensitas sedang–lebat disertai angin kencang bervariasi sejak 6 Februari 2021 pukul 02.00 WIB,” jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "70 Desa di Kendal Terendam Banjir, Waspada Cuaca Ekstrem hingga 7 Februari"

Selanjutnya: Banjir di Semarang genangi rel, jadwal perjalanan kereta api terganggu

 

Editor: Handoyo .
Terbaru