Selain lansia, kelompok usia ini juga rentan terkena Covid-19

Senin, 10 Mei 2021 | 19:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Selain lansia, kelompok usia ini juga rentan terkena Covid-19

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 belum berakhir meski sudah berjalan lebih dari sethaun. Selain orang berusia tua atau lanjut usia, kelompok usia 30 hingga 50-an juga rentan terhadap Covid-19.

Mengutip dari Eatthis.com, 36% pasien yang dirawat di rumah sakit berusia di bawah 50 tahun. Sedangkan 31% pasien yang dirawat di rumah sakit berada di rentang usia 50 hingga 64 tahun. Di sisi lain, jumlah orang tua berusia lebih dari 65 tahun yang dirawat di rumah sakit akibat infeksi Virus Corona mengalami penurunan.

Meski risiko kematian tidak tinggi, pasien Covid-19 berusia kurang dari 50 tahun rentan mengalami gejala Virus Corona yang lebih lama. Bahkan tingkat keparahannya pun cukup tinggi. Apalagi jika ada kondisi tertentu yang dialami sebelumnya, seperti obesitas atau penyakit jantung.

Melansir Eatthis.com, pasien Covid-19 dengan usia di bawah 50 tahun banyak yang membutuhkan perawatan ICU. Adanya varian virus yang baru, yaitu Virus Corona B.1.1.7, semakin memperparah kondisi.

Baca Juga: Waspada! Gelombang Covid-19 yang eksplosif mengancam India dan dunia

Varian virus tersebut memang tidak memperparah infeksi, tapi jumlah virus yang ditemukan dalam tubuh pasien semakin banyak. Hal itu membuat semakin banyak orang yang membutuhkan perawatan rumah sakit karena terinfeksi penyakit tersebut.

Supaya hal tersebut tidak Anda alami, ada baiknya untuk tidak menunda jadwal vaksin yang sudah Anda dapatkan. Selain itu, usahakan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, ya. Hindari berkumpul dengan banyak orang ditempat umum.

Baca Juga: Dunia belum sepakat cara percepat vaksinasi, protokol kesehatan tak boleh kendor

Jika Anda terpaksa harus pergi ke suatu tempat, usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain. Jangan lupa untuk memakai masker sesuai dengan standar kesehatan supaya tubuh Anda benar-benar terlindungi dari infeksi Virus Corona.

Tidak berhenti sampai di situ, selalu jaga kebersihan tangan menggunakan sabun dan air. Anda bisa mengganti sabun dan air dengan handsanitizer dalam keadaan darurat. Selain itu, pastikan untuk menjaga sistem imun tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan rajin olahraga.

Selanjutnya: Ketua Satgas Covid-19: Jika sudah terlanjur mudik, wajib karantina

Editor: Belladina Biananda
Terbaru