Banjir bandang, separuh BTS XL di Bima masih padam

Kamis, 22 Desember 2016 | 18:03 WIB Sumber: Antara
Banjir bandang, separuh BTS XL di Bima masih padam


MATARAM. Sebanyak 50% atau separuh "Base Transceiver Station" (BTS) milik PT XL Axiata Tbk di Bima, Nusa Tenggara Barat, masih padam. Penyebabnya lantaran tidak mendapatkan aliran listrik sejak terjadi banjir bandang Rabu (21/12).

Vice President XL East Region Desy Sari Dewi menyebutkan, namun sebagian BTS masih tetap bisa beroperasi sehingga layanan XL masih bisa menjadi sarana komunikasi dan mengirimkan informasi dari dan ke daerah bencana.

XL masih berupaya kuat untuk menjaga agar jaringan telekomunikasi di Kota Bima dan Kabupaten Bima, serta Sumbawa, tetap bisa beroperasi sehingga bisa digunakan oleh pelanggan. "Petugas kami masih terus berusaha menjaga BTS-BTS yang ada di lokasi agar tetap beroperasi.

"Namun untuk menyalakan kembali BTS yang padam timnya masih terkendala oleh genangan banjir yang masih tinggi di sejumlah wilayah," kata Desy melalui keterangan tertulis, Kamis (22/12).

Selain menyulitkan petugas datang ke lokasi BTS, banjir juga kemungkinan merendam perangkat BTS yang ada di bawah menara. Petugas XL telah menyiapkan genset portable untuk menghidupkan kembali BTS-BTS tersebut.

"Kami juga akan mendirikan Mobile BTS di titik strategis untuk menambah cakupan layanan yang ada di lokasi bencana. Itu solusi dari BTS permanen yang masih padam," katanya.

(Awaludin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru