Suhu di Gunung Lawu sentuh minus 3 derajat

Senin, 24 Juni 2019 | 23:52 WIB Sumber: Kompas.com
Suhu di Gunung Lawu sentuh minus 3 derajat


CUACA EKSTREM - MAGETAN. Pengelola pendakian ke puncak Gunung Lawu melalui jalur klasik Singo Langu di Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim) meminta pendaki untuk berhati-hati selama cuaca ekstrem beberapa hari terakhir.

Tono, salah satu pengelola pendakian ke puncak Gunung Lawu melalui jalur Singo Langu mengatakan, sejumlah pendaki melaporkan suhu di puncak Gunung Lawu bisa mencapai minus 3 derajat celsius.

“Ada yang menginfokan jika suhu di puncak mencapai minus 3 derajat. Kalau di sini (Singo Langu) kemarin suhunya 9 derajat celcius,” ujarnya di pos pendakian Singo Langu Senin (24/6).

Sementara akibat cuaca ekstrem di puncak Gunung Lawu satu pendaki dilaporkan pingsan. Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magetan Fery Yoga Saputra mengatakan, meski sempat pingsan namun pendaki tersebut berhasil mendapat pertolongan di Pos Cemoro Sewu.

“Kemarin ada (pendaki pingsan) tapi sudah dilakukan dievakuasi, tidak ada masalah,” ujarnya.

Fery menambahkan, untuk mengantisipasi cuaca ekstrem di Puncak Lawu para pendaki diimbau untuk membawa peralatan mendaki yang memadai serta membawa obat-obatan.

Para pendaki juga diminta untuk melaporkan kedatangan dan kepulangan mereka. "Kadang ada pendaki yang naik lewat Candi Cetho pulang lewat Cemoro Sewu, kita harapkan pendaki untuk melapor ke petugas,” imbuhnya.

Pendaki dilarang bikin perapian Mengingat musim kemarau di Kabupaten Magetan datang lebih cepat, BPBD Kabupaten Magetan menghimbau kepada pendaki Gunung Lawu untuk tidak membuat perapian selama pendakian.

Hal tersebut untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan di Gunung Lawu. “Untuk meminimalisir kebakaran hutan kita menghimbau untuk tidak membuat api, karena saat ini musim kemarau,” ucapnya. (Kontributor Magetan, Sukoco)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Suhu di Gunung Lawu Dilaporkan Minus 3 Derajat, Satu Pendaki Pingsan",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru