Surya Paloh Putuskan Anies Baswedan Sebagai Bacagub di Pilkada DKI dari Nasdem

Selasa, 23 Juli 2024 | 08:00 WIB Sumber: Kompas.com
Surya Paloh Putuskan Anies Baswedan Sebagai Bacagub di Pilkada DKI dari Nasdem

ILUSTRASI. Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta, Rabu (17/5/2023). (KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)


PILKADA - JAKARTA. Partai Nasdem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) dalam Pilkada Jakarta 2024.

Hal ini diumumkan oleh Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Hermawi Taslim di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2024) sore.

Anies turut hadir dalam konferensi pers di mana Nasdem memastikan dukungan untuknya. Keputusan ini diambil usai Nasdem menggelar rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Surya Paloh.

Baca Juga: Ke Kaesang, PKS Menawarkan Agar PSI Mendukung Anies-Sohibul di Pilkada DKI

"Untuk Pilkada DKI Pak Surya Paloh yang pimpin rapat langsung menetapkan. Bapak Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta dari Partai Nasdem," kata Hermawi dalam jumpa pers.

Hermawi melanjutkan, Nasdem juga membebaskan Anies untuk menentukan siapa calon wakil pendampingnya. Namun Anies disebut tak boleh menjadikan kader Nasdem sebagai calon wakil gubernur.

"Pak Anies juga dibebaskan untuk menentukan siapa wakilnya dengan satu syarat wakil itu tidak boleh dari Partai Nasdem," ungkap dia.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengatakan bahwa dukungan untuk Anies dilakukan Nasdem tanpa syarat.

Baca Juga: Jika Ridwan Kamil Tak Maju di Pilkada DKI, PAN Pertimbangkan Kaesang

Ia menjelaskan bahwa partainya terus melakukan komunikasi politik dengan partai politik lain untuk mengusung Anies.

"Komunikasi akan terus kami lakukan dari Bapilu dengan partai lain, prinsipnya adalah tidak ada yang ketinggalan," ujar Willy.

Sebagai informasi, dengan tambahan Nasdem, Anies kini sudah memastikan dukungan dari dua partai politik.

Sebelumnya, PKS sudah terlebih dulu mendeklarasikan dukungan untuk mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga: Pilkada DKI 2024, PKS Resmi Mengusung Pasangan Anies - Sohibul Iman

Namun, PKS memasangkan Anies dengan kadernya, Sohibul Iman. Kursi DPRD yang dimiliki PKS dan Nasdem sudah cukup untuk mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nasdem Resmi Dukung Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta 2024"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru