Swakelola Bantargebang, DKI naikkan gaji pekerja

Jumat, 24 Juni 2016 | 19:23 WIB Sumber: TribunNews.com
Swakelola Bantargebang, DKI naikkan gaji pekerja


JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengelola Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, per 6 Juli 2016, bertepatan dengan Hari Raya Lebaran 2016.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, swakelola Bantargebang akan dilakukan 15 hari setelah surat peringatan 3 (SP3) dilayangkan. SP3 sudah dilayangkan ke PT Godang Tua Jaya dan PT Navigate Organic Energy Indonesia pada  21 Juni 2016.

"Swakelola kan 15 hari setelah SP3, baru akan kita ambil alih, swakelola. Kami dari dinas kebersihan sudah mempersiapkan langkah- langkahnya," ujar Isnawa di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (24/6).

Isnawa menjelaskan, jika dikelola sendiri, Pemprov DKI akan memberdayakan para pekerja yang sebelumnya sudah biasa mencari nafkah di sana. Mereka juga akan dijadikan Petugas Harian Lepas (PHL) DKI. "Pertama, pemberdayaan terhadap para pekerja di situ. Pekerja akan ditarik menjadi PHL kebersihan dengan UMP Rp 3,1 juta," ucap Isnawa.

Kedua, community development, ada bantuan langsung tunai dan lain-lain, yang jumlahnya Rp 500.000 per tiga bulan. Para pekerja di TPST Bantargebang, nantinya akan mendapatkan penghasilan lebih besar daripada ketika bekerja dengan PT GTJ dan PT NOEI.

"Kita akan merekrut tenaga-tenaga ahli dalam pengelolaan TPST Bantargebang, kemudian yang paling penting Pak Gubernur bilang akan memberi kesempatan kepada 6.000 pemulung yang ada di sana untuk dimasukkan ke dalam BPJS," ucap Isnawa. (Dennis Destryawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru