HOME

Tambahan kasus corona di DKI rekor, keterisian tempat tidur isolasi sudah 86%

Rabu, 13 Januari 2021 | 16:44 WIB Sumber: Kompas.com
Tambahan kasus corona di DKI rekor, keterisian tempat tidur isolasi sudah 86%

ILUSTRASI. Jumlah kasus baru corona (Covid-19) harian di DKI Jakarta menembus angka tertinggi mencapai 3.476 kasus.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan,  jumlah kasus baru corona (Covid-19) harian di Jakarta menembus angka tertinggi mencapai 3.476 kasus.

"Dan hasil (penambahan kasus) hari ini cukup tinggi ya jumlahnya sampai 3.476," ujar Ariza, sapaan akrabnya, saat ditemui di Lobi Lotte Mart Ciputra World, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (13/1).

Ariza mengatakan, ada dua alasan kasus baru Covid-19 melonjak hingga angka tertinggi sejak awal pandemi Maret 2020. Pertama, data rapelan dari Rumah Sakit BUMN selama tujuh hari terakhir.

"Jadi ini merupakan gabungan, rapelan ya. Kedua, disebabkan karena adanya testing yang meningkat," kata Ariza. Namun dia tidak merincikan data Covid-19 lainnya seperti berapa angka kesembuhan, kematian, dan lainnya.

Baca Juga: Rekor! Kasus positif Corona tambah 11.278 dengan angka meninggal 306

Dia mengatakan, angka tersebut harus memberikan kesadaran pada masyarakat sekuat apapun pemerintah melakukan pencegahan, ujungnya adalah kesadaran masyarakat.

"Apa yang dilakukan oleh pemerintah hanya berkontribusi 20% terhadap keberhasilan kita mengurangi memutus mata rantai. Sebanyak 80% keberhasilan kita untuk mengurangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid terletak pada kepatuhan dan disiplin masyarakat," ujar Ariza.

Terus tingginya angka penambahan kasus baru berdampak pada fasilitas kesehatan di Ibu Kota. Data terakhir, fasilitas tempat tidur Intensive Care Unit (ICU) di DKI Jakarta untuk perawatan pasien Covid-19 kian kritis dengan keterisian mencapai 85%.

Data tersebut merupakan data dari 101 rumah sakit rujukan Covid-19 per tanggal 10 Januari 2021, yang diunggah Pemprov DKI Jakarta pada Selasa (12/1).

Tingkat keterisian tempat tidur ICU yang kini tersedia sebanyak 995 tempat tidur, sudah terisi sebanyak 849 pasien Covid-19. Sedangkan untuk keterisian tempat tidur isolasi berada di angka 86%.

Total tempat tidur isolasi yang disediakan Pemprov DKI Jakarta sebanyak 7.548, dan sudah terisi pasien sebanyak 6.501 pasien.

Baca Juga: Program vaksin Covid-19 mulai berjalan, kenali efek samping akibat vaksinasi

Penulis : Singgih Wiryono
Editor : Sandro Gatra

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Data Wagub DKI: Tambah 3.476 Kasus Covid-19 di Jakarta, Angka Tertinggi Selama Pandemi".

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru