Tangki di Kilang Cilacap terbakar, PLN segera amankan jaringan listrik di Cilacap

Senin, 15 November 2021 | 20:00 WIB   Reporter: Muhammad Julian
Tangki di Kilang Cilacap terbakar, PLN segera amankan jaringan listrik di Cilacap

ILUSTRASI. Kobaran api terlihat di Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (14/11/2021) dini hari. . ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PLN (Persero) bergegas memulihkan jaringan setelah munculnya AFF Foam atau Aqueous Film Forming Foam (AFFF) di sekitar areal tangki BBM di kilang Cilacap, pada Minggu (14/11) pukul 12.00 WIB.

Setelah 242 gardu terdampak pemadaman pada 12.00 WIB, tim PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cilacap berhasil memulihkan pasokan listrik bertahap kepada 10.890 pelanggan hingga pukul 17.00 WIB.

Manager UP3 Cilacap, Bramantyo Anggun Pambudi menerangkan, langkah pengamanan jaringan yang dilakukan demi menjaga aset instalasi PLN agar tidak berdampak kerusakan lebih besar yang dapat mempengaruhi layanan kepada pelanggan. 

"AFF foam yang digunakan untuk memadamkan api banyak berterbangan di udara, sehingga dikhawatirkan mengganggu jaringan dan aset instalasi PLN," kata Anggun dalam keterangan tertulis yang dirilis Senin (15/11).

Baca Juga: Kebakaran tangki di area Kilang Cilacap diduga akibat sambaran petir

Lebih lanjut, Bramantyo menceritakan bahwa tim UP3 PLN juga bergerak cepat melakukan pengecekan pada 80 trafo yang mengalirkan listrik ke sekitar 3.500 pelanggan. Hal ini bertujuan untuk mencegah gangguan dari sisi foam pemadaman area kilang yang terbakar.

"Setelah petugas melakukan pengecekan kondisi jaringan, kami langsung melakukan penormalan secepatnya dengan mempertimbangkan keselamatan dan keamanan," imbuh Anggun.

Sedikit informasi sejumlah daerah yang terdampak padam meliputi sekitar jalur Jalan MT Haryono, Banjaran, Jalan kalisapu, Kawasan Industri, Jalan Flores, Jalan Kalimantan, Perum Sidanegara, Jalan Suasa, Jalan Thamrin, Donan, dan sekitarnya. "Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan,” ujar Anggun.

Seperti diketahui, insiden kebakaran tangki terjadi di area PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap pada Sabtu (13/11) pukul 19.20 WIB. Kebakaran yang menimpa tangki 36 - 102 itu berhasil dipadamkan pada Minggu (14/11) WIB pukul 07.45 WIB dan dinyatakan benar-benar padam pada pukul 09.15 WIB. Pertamina memastikan, insiden ini sama sekali tidak mempengaruhi produksi maupun distribusi BBM.

 

Selanjutnya: Bikin Camilan Gurih, Stick Singkong Krispi di Rumah, Yuk! Ini Resepnya!

Editor: Handoyo .
Terbaru