Tarif LRT Jabodebek Akan Diumumkan Sebelum Uji Coba Terbatas pada 12 Juli 2023

Kamis, 29 Juni 2023 | 16:15 WIB Sumber: Kompas.com
Tarif LRT Jabodebek Akan Diumumkan Sebelum Uji Coba Terbatas pada 12 Juli 2023

ILUSTRASI. Segera Diumumkan, Tarif LRT Jabodebek Bakal Disubsidi Pemerintah. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.


TRANSPORTASI - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih belum memutuskan besaran tarif LRT Jabodebek. Padahal moda transportasi ini akan beroperasi komersil pada 18 Agustus 2023.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, kemungkinan tarif LRT Jabodebek akan diumumkan sebelum uji coba terbatas pada 12 Juli 2023.

"InsyaAllah sih harusnya sebelum kita uji coba ya harusnya sudah bisa keluar ya mudah-mudahan," ujarnya saat ditemui di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (28/6/2023).

Adita bilang, saat ini pihaknya masih memfinalisasi tarif LRT Jabodebek. Setelah angkanya disepakati, barulah akan disosialisasikan ke masyarakat luas.

"Nanti kan akan menjadi Keputusan Menteri. Itu sedang kita finalisasi. Nanti angkanya pasti kita sosialisasikan dulu," ucapnya.

Baca Juga: Ingin Ikut Uji Coba LRT Jabodebek? Pendaftaran Dibuka Mulai 1 Juli

Tarif LRT Jabodebek Disubsidi

Sebelumnya, Adita menyebut tarif LRT Jabodebek akan diberikan subsidi atau public service obligation (PSO) sehingga besarannya terjangkau bagi masyarakat.

"Besaran tarif sedang diproses untuk ditetapkan dalam PM Perhubungan. Memang akan ada unsur subsidi dalam tarif akhirnya. Besarannya nanti akan disosialisasikan segera," ujar Adita kepada Kompas.com, Selasa (16/5/2023).

Dia melanjutkan, besaran subsidi yang akan diberikan untuk tarif LRT Jabodebek jarak terjauh mencapai hampir separuhnya.

"Untuk jarak terjauh komponen subsidi sekitar 40 persen," kata dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal memastikan tarif LRT Jabodebek lebih murah daripada tarif transportasi alternatif lainnya di sekitar wilayah penyangga.

"Yang pasti lebih murah lebih nyaman aman daripada angkutan yang dekat. Karena kan lebih tepat waktu ya, terinteintegrasi dengan baik, dari Cibubur bisa naik KRL dari dukuh atas dan angkutan lainnya," ujarnya di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Baca Juga: Uji Coba Operasional Terbatas LRT Jabodebek Mulai 12 Juli 2023

Risal mengungkapkan tarif LRT Jabodebek yang saat ini diusulkan, untuk tarif awal sebesar Rp 5.000 dan selanjutnya dikenakan tarif Rp 750 per kilometer. Dengan demikian untuk tarif LRT Jabodebek jarak terjauh sekitar Rp 25.000.

"Tapi ini masih konsep artinya bisa berubah karena ada tiga alternatif masalah tarif tadi. Sifatnya sekarang masih usulan bukan utusan. Usulan yang paling efisien murah enak nyaman bagi masyarakat pengguna," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Segera Diumumkan, Tarif LRT Jabodebek Bakal Disubsidi Pemerintah"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru