Peristiwa

Umumkan lewat video, istri Gubernur Bali terpapar virus corona

Sabtu, 26 September 2020 | 14:01 WIB Sumber: Kompas.com
Umumkan lewat video, istri Gubernur Bali terpapar virus corona

ILUSTRASI. Wisatawan wancanegara berjalan di dekat baliho sosialisasi penggunaan masker di kawasan Legian, Badung, Bali.

KONTAN.CO.ID - DENPASAR. Istri Gubernur Bali, Ni Putu Putri Suastini Koster terpapar virus corona (Covid-19). Hal tersebut diumumkan Suastini dalam sebuah video berdurasi 13 menit.

Kepala Dinas Kesehatan Ketut Suarjaya membenarkan perihal video tersebut. "Iya, benar (video istri Gubernur Bali)," katanya saat dikonfirmasi, Sabtu (26/9) siang.

Dalam video tersebut, Suastini Koster mengaku saat ini menjalani isolasi di tempat karantina Pemprov Bali. Suastini merupakan orang tanpa gejala (OTG).
"Tyang (saya) masih di sini, di tempat karantina bagi yang OTG. karena ternyata setelah melakukan swab ada virus di dalam tubuh tyang," katanya dalam video tersebut.

Baca Juga: Menko Luhut sebut wisatawan ke Bali akan dibatasi

Ia juga mengatakan bahwa kondisinya baik-baik saja, seperti gula darah dan tensi normal, begitu juga paru-paru, termasuk oksigen di dalam darah.
Karena dinyatakan positif Covid-19, Suastini menjalani karantina agar tak menularkan virus ke orang lain hingga hasil tesnya negatif.

Kepada masyarakat yang positif Covid-19, dia memberi tips yakni tetap tenang. Ketenangan akan menjaga imun tubuh dalam melawan virus.

Sebaliknya, jika panik maka bisa menyebabkan penyakit-penyakit bawaan muncul satu per satu. "Ketika kita panik, stres. Itu yang memicu. Misal kita ada darah tinggi dia naik tekanan darah. Kalau kita punya gula darah naik juga. kolestrol naik, dan sebagainya," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Bali Wayan Koster sempat menyampaikan sekitar 20 orang di lingkungan rumah dinas, di Jaya Sabha, Denpasar, Bali, terkonfirmasi positif Covid-19. Bahkan, empat ajudan Koster juga terpapar corona.

Dari empat ajudan tersebut, dua dinyatakan sembuh. Namun, satu ajudan yang sembuh belum diizinkan bekerja. Sedangkan dua ajudan lainnya masih dikarantina.

Selain itu, sejumlah pramusaji dan tukang kebun di rumah dinas Gubernur Bali juga terpapar Covid-19.

Hingga Jumat (25/9/2020), total ada 8.389 kasus positif Covid-19 di Provinsi Bali. Dari jumlah itu, 6.828 pasien sembuh atau sekitar 81,39% dari total kasus. Sedangkan 245 pasien meninggal atau sekitar 2,92% dari total kasus.

Adapun kasus aktif berjumlah 1.316 kasus atau sekitar 15,59%. Mereka dirawat di 17 rumah sakit rujukan dan beberapa pusat karantina, seperti Bapelkesmas, UPT Nyitdah, Wisma Bima, dan BPK Pering.

Penulis : Kontributor Bali, Imam Rosidin
Editor : David Oliver Purba

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Istri Gubernur Bali Terpapar Covid-19, Diumumkan lewat Video Berdurasi 13 Menit".

 

Selanjutnya: Luhut: Vaksinasi corona sudah bisa dilakukan mulai awal Desember

 

Editor: Khomarul Hidayat


Terbaru