Upaya Polbangtan Malang dan Pemkab Pacitan untuk Regenerasi Petani di Pedesaan

Selasa, 08 Maret 2022 | 16:53 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Upaya Polbangtan Malang dan Pemkab Pacitan untuk Regenerasi Petani di Pedesaan

ILUSTRASI. Masuknya Program YESS pada tahun kedua di Kabupaten Pacitan telah memberikan manfaat bagi para petani khusunya petani muda yang memerlukan arahan, pelatihan, dan permodalan bagi SDM pertanian


AGRIBISNIS -  PACITAN. Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services [YESS] dilaksanakan sebagai proyek percontohan pengembangan generasi muda dan regenerasi petani di pedesaan, melalui penyediaan fasilitas dan bimbingan kepada generasi muda di pedesaan untuk menjadi wirausahawan atau tenaga kerja yang profesional di sektor pertanian. 

Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan YESS akan melibatkan berbagai institusi pemerintah, pelaku usaha, dan lembaga sosial masyarakat terkait, mulai dari tingkat pusat, provinsi dan kabupaten, bahkan sampai kecamatan dan desa. 

Salah satunya mengembangkan Forum Pemangku Kepentingan Tingkat Kabupaten District Multi-Stakeholder Forum [DMSF] sebagai sarana berbagi [sharing informasi] pengembangan pertanian di level kabupaten.

Sebagai dukungan Kabupaten Pacitan terhadap Program YESS, pada Selasa (8/3/2022), Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian (Bappeda) Litbang Kabupaten Pacitan melaksanakan Rapat Koordinasi DMSF Program YESS tahun 2022 di Gedung Karya Dharma, Pacitan. 

Baca Juga: Harga Pangan Melejit, Kementerian Pertanian Diminta Serius Membenahi Produksi

Rapat Koordinasi tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Pacitan, Gagarin; Wakil Direktur I Polbangtan Malang Novita Dewi; Deputi Monev Program YESS Polbangtan Malang Budianto, MP; kepala perangkat daerah terkait, Kepala UPT dan koordinator penyuluh pertanian, pimpinan perbankan dari BRI, BNI dan Mandiri;, Ketua Kadin, Apindo, Perwakilan LSM, mobilizer Program YESS, dan perwakilan Penerima Manfaat Program YESS.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Pacitan, Heru Sukresno mengungkapkan FGD sebagai sarana komunikasi untuk menyamakan persepsi dan memantapkan langkah dalam rangka membangun komitmen untuk keberhasilan program YESS.

Sementara itu Wakil Bupati Pacitan yang membuka FGD tersebut mengapresiasi pelaksanaan DMSF guna mewujudkan tujuan dari program YESS. Dia mengatakan diperlukan sinergitas program dan kegiatan dari semua pihak baik pemerintah maupun swasta serta stakeholder terkait.

Menurutnya, masuknya Program YESS pada tahun kedua di Kabupaten Pacitan telah memberikan manfaat bagi para petani khususnya petani muda yang memerlukan arahan, pelatihan, dan permodalan dalam peningkatan SDM pada bidang pertanian. 

Baca Juga: Kementan Harap ASN Polbangtan Tingkatkan Core Value

"Kegiatan Program YESS yang telah dilaksanakan selama tahun 2021 seperti pelatihan, magang serta hibah sangat memberikan manfaat untuk para petani muda yang berada di kabupaten pacitan,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (8/3).

Dia juga menyampaikan bahwa Kabupaten Pacitan sangat menyambut baik program YESS karena sesuai dengan misi nomor tiga dalam RPJMD 2021-2024, yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor agraris, sektor pariwisata, serta sektor unggulan lainnya.  

Dalam perencanaan selama empat tahun 2021-2024, kata Heru, urusan pertanian termasuk isu strategis  yang masuk pada prioritas utama yang akan terus diperhatikan.

Heru mengatakan, pertanian menjadi sektor penyumbang/penopang terbesar dalam membentuk perekonomian di kabupaten pacitan, walaupun dengan kondisi topografi yang bergunung, sering longsor di musim penghujan, dan kekeringan di musim kemarau.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru