Peristiwa

Viral rumah bergeser dan meninggi dalam semalam, ternyata ini sebabnya

Minggu, 12 Juli 2020 | 07:10 WIB Sumber: Kompas.com
Viral rumah bergeser dan meninggi dalam semalam, ternyata ini sebabnya

ILUSTRASI. Rumah milik Giman (47) warga Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

KONTAN.CO.ID - NGAWI. Dua hari terakhir viral di media sosial video puluhan warga mendatangi sebuah rumah yang dianggap berpindah dan meninggi dalam semalam. Dari penelusuran, rumah tersebut milik Giman (47) warga Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Pada video yang beredar tampak warga berbondong-bondong datang ke rumah Giman. Mereka penasaran bagaimana bisa rumah tersebut berpindah. Sebagian beranggapan ada unsur mistis pada peristiwa ini.

Baca Juga: Hore, Gubernur Anies kasih bantuan pulsa 100.000 untuk setiap anak TK

Giman membenarkan rumahnya memang meninggi dari kondisi sebelumnya sekitar 1,3 meter. Namun dia membantah ada keterlibatan unsur mistis di dalamnya. Dia memang membangun tiang baru konstruksi rumah yang sebenarnya berlangsung cukup lama.

“Enggak ada yang membantu. Ini adanya bolo satu yang membantu,” ujarnya sambil menunjuk anak perempuannya yang baru berumur dua tahun.

Rumah Giman memiliki sebuah kamar yang letaknya di bawah tanah tepat di tengah bangunan rumah. Kamar yang  berada di kedalaman 1,5 meter tersebut memiliki lebar sekitar 3 meter dan panjang sekitar 5 meter. 

Kamar bawah tanah itu juga dilengkapi dengan WC dan shower untuk mandi. Dengan memiliki kamar di bawah tanah, rumah Giman tampak menjadi dua lantai. Untuk menggali  tanah yang dijadikan kamar, Giman melakukannya seorang diri dan membutuhkan waktu lima bulan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Adakah yg dari desa mengger , kec karanganyar, ngawi ,jawa timur.??? Benarkah kejadian ini??? Infonya : Ada rumah warga , dipindah , diangkat Dan posisi dinaikkam 130 cm secara utuh rumah plus atap ,tiang dll. dlm waktu semalam oleh pemilik rumah sendiri. Tanpa bantuan Dan sepengetahuan orang lain ( tetangga yg melihat) . Diduga dilakukan tengah malam. Hanya pemilik rumah Dan Allah yg Tau klu ini benar Dan nyata. #yunirusmini fb #noted jadi ingat kisah bandung bondowoso bikin Candi ya.... Semua Hanya rahasiaNya ߙ #video netizen di inb Follow @autoblarr untuk mengikuti informasi dan berita menarik lainya. Dan kunjungi website kami di autoblarr.com #autoblarr ❤️

A post shared by AutoBlarr (@autoblarr) on

 

Nah, tanah galian digunakan untuk menimbun lantai lama rumahnya hingga setinggi 1,3 meter. Giman mengaku tidak terlalu ingat kapan mulai membangun fondasi dan tembok di sekeliling rumahnya.

“Sudah tidak ingat kapan beli rumah itu, sudah lama. Bangun fondasinya juga sudah lama, tidak seketika, sedikit-sedikit. pokoknya kalau ada rezeki bangun lagi, cari lagi bangun lagi,” jelasnya.

Rumah milik Giman (47) warga Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Satu-satunya rumah tetangga paling dekat adalah rumah Hartanto yang berada 10 meter di sebelah selatan rumah Giman. Hartanto pula yang menyuplai kebutuhan bahan bangunan rumah Giman, namun dia tidak tahu pasti kapan Giman menaikkan atap rumahnya.

“Tahunya malah dari warga lain yang ribut soal rumah Giman sudah pindah. Padahal dari sini kelihatan,” kata Hartanto.

Baca Juga: Ini bantuan buat adik-adik mahasiswa dari Nadiem Makarim, simak syaratnya

Giman dulunya merantau ke Jakarta sebagai buruh bangunan. Belasan tahun bekerja sebagai kuli bangunan membuat dia memiliki keahlian bertukang. 

“Kalau mindahnya sudah tiga mingguan, tapi ramai baru lima harian. Ramainya ada videonya di media sosial,” kata Kepala Dusun Mengger Sudadi menjelaskan kepada puluhan warga yang melihat langsung rumah Giman.

Ketua Badan Pemusyawaratan  Desa BPD Mengger Prawoto mengatakan, empat hari terakhir pengunjung rumah Giman mencapai lebih dari 1.000 orang. Untuk mencegah penularan virus corona, pemuda desa membuka lahan parkir dengan jarak 100 meter dari rumah Giman dan membatasi jumlah orang yang masuk.

“Yang datang wajib pakai masker dan kita selalu semprot rumah Giman dengan disinfektan untuk mencegah virus corona,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral, Video Sebuah Rumah Berpindah Tempat dalam Semalam, Ini Pengakuan Pemilik"
Penulis : Kontributor Magetan, Sukoco
Editor : David Oliver Purba

 

Editor: Hasbi Maulana


Terbaru