Waspadai penipuan bermodus penerimaan CPNS, ini tips mencegahnya

Senin, 04 November 2019 | 10:04 WIB Sumber: Kompas.com
Waspadai penipuan bermodus penerimaan CPNS, ini tips mencegahnya

ILUSTRASI. Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan sistem Computer Assited Tes (CAT) CPNS secara serantak di Gedung Serbaguna Balai Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (8/12/2018).


SELEKSI CPNS 2019 - PURWOKERTO. Menjelang pembukaan pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), masyarakat diminta berhati-hati dengan munculnya berbagai macam modus penipuan.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKDD) Kabupaten Banyumas Achmad Supartono, meminta masyarakat agar tidak percaya terhadap siapapun yang menjanjikan dapat meloloskan menjadi seseorang menjadi PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca Juga: Sebentar lagi dibuka, ini jadwal lengkap rekrutmen CPNS 2019 dari BKN

"Tidak ada peluang untuk seseorang yang menawarkan jasa atau bisa mengusahakan untuk lolos, apabila nilainya di bawah batas minimal," kata Supartono, di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (4/11/2019).

Menurut Supartono, dalam proses ujian penerimaan CPNS tidak ada celah bagi seseorang untuk membantu meloloskan. Sebab, ujian dilakukan secara massal dan menggunakan computer assisted test (CAT).

"Dengan tes yang dilakukan secara massal dan menggunakan komputer atau disebut CAT, maka nilai bisa langsung diketahui saat itu juga setelah tes berlangsung. Bagi yang di bawah ambang batas otomatis tidak lolos," ujar Supartono.

Untuk menghindari penipuan, Supartono juga meminta masyarakat memperhatikan ketentuan dan syarat penerimaan CPNS. Ketentuan dan syarat dapat dilihat di situs web resmi milik Badan Kepegawaian Nasional (BKN) atau pemerintah kabupaten.

Baca Juga: Kementerian ATR buka 727 lowongan CPNS 2019

"Kami mengimbau bagi masyarakat yang berminat dan memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi CPNS, betul-betul cermat dalam membaca ketentuan dan cara mendaftarnya," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, tahapan penerimaan CPNS akan dimulai pada 11 November 2019 secara serentak. Dalam penerimaan tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas mendapatkan sebanyak 377 formasi.

Formasi tersebut terdiri dari tenaga kependidikan sebanyak 275, tenaga kesehatan 96 dan tenaga teknis sebanyak 6 formasi. (Fadlan Mukhtar Zain)

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2019, Kaltim buka 1.732 formasi, tenaga pendidik banyak dibutuhkan

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hati-hati Penipuan Bermodus Penerimaan CPNS, Begini Tips Menghindarinya",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru